ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH LOGIKA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Authors

  • Dinar Anggit Wicaksana Universitas Semarang
  • Charis Maulana Universitas Semarang
  • Yulinda Kusumaningrum Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37755/sjip.v9i2.1117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah Logika Matematika ditinjau dari gaya belajar menggunakan model pembelajaran hybrid. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak enam mahasiswa dengan masing-masing dua mahasiswa untuk gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Tes kemampuan berpikir kritis, wawancara dan angket gaya belajar digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan gaya belajar yang berbeda memiliki tingkat yang berbeda. Mahasiswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan berpikir kritis yang sangat baik, mahasiswa dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan berpikir kritis baik, dan mahasiswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan berpikir kritis baik.

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Anggit Wicaksana, D., Maulana, C., & Kusumaningrum, Y. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH LOGIKA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.37755/sjip.v9i2.1117