THE PEMBERDAYAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN
MANAJEMEN PENDIDIKAN
Abstract
Pemberdayaan lembaga pendidikan Islam sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menyelidiki metode kualitatif yang digunakan dalam mencapai tujuan ini. Pemeriksaan komprehensif terhadap berbagai lembaga pendidikan Islam dilakukan dengan fokus pada strategi perbaikannya. Data dikumpulkan melalui survei, wawancara, dan analisis dokumen. Hasilnya menunjukkan bahwa lembaga-lembaga ini memprioritaskan pengembangan fakultas, peningkatan kurikulum, dan teknik pedagogi modern untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Selain itu, mereka secara aktif terlibat dengan komunitas lokal untuk mempromosikan pendidikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Kolaborasi antara sistem pendidikan agama dan sekuler juga muncul sebagai faktor penting dalam meningkatkan standar pendidikan. Kesimpulannya, temuan ini menggarisbawahi pentingnya lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas pendidikan, menjembatani kesenjangan, dan mendorong pembangunan holistik. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi para pembuat kebijakan, pendidik, dan pemangku kepentingan dalam upaya mewujudkan pendidikan berkualitas, yang penting bagi pertumbuhan dan kemajuan masyarakat.References
Empowering Islamic educational institutions is very important to improve the quality of education. This research investigates the qualitative methods used to achieve this aim. A comprehensive examination of various Islamic educational institutions was carried out with a focus on improvement strategies. Data was collected through surveys, interviews, and document analysis. The results show that these institutions prioritize faculty development, curriculum improvements, and modern pedagogical techniques to create dynamic learning environments. Additionally, they actively engage with local communities to promote education and meet community needs. Collaboration between religious and secular education systems has also emerged as an important factor in raising educational standards. In conclusion, these findings underscore the importance of Islamic educational institutions in improving the quality of education, bridging gaps, and encouraging holistic development. This research provides valuable insights for policy makers, educators and stakeholders in efforts to realize quality education, which is important for the growth and progress of society.