P Pengembangan Bahan Ajar Kuliner Batagor untuk Pembelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
Keywords:
Bahan Ajar, Bipa, internasionalisasi bahasa indonesia, batagorAbstract
Penelitian ini menggali potensi kuliner “Batagor” sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang fokus pada upaya mendukung bahasa Indonesia di kancah internasional. Batagor merupakan kuliner khas khas Indonesia. Selain kaya akan cita rasa, Batagor juga dapat dijadikan sebagai sarana pengenalan budaya Indonesia melalui pembuatan bahan ajar yang dikemas menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Melalui analisis kualitatif, penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi Batagor dalam kurikulum BIPA dapat memperdalam pemahaman konteks budaya dan meningkatkan minat terhadap bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada penutur asing sekaligus memperkenalkan kuliner khas Indonesia yaitu Batagor melalui bahan ajar yang inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Batagor dapat berperan sebagai penghubung efektif antara bahasa dan budaya. Kontribusi penelitian ini terletak pada penyusunan bahan ajar BIPA yang inovatif dan menarik. Temuan ini dapat memudahkan guru BIPA, lembaga pendidikan dan pihak terkait dalam merancang strategi pembelajaran yang sejalan dengan tren internasionalisasi bahasa Indonesia. Selain sebagai kuliner khas, Batagor bermanfaat sebagai instrumen pembelajaran yang relevan dalam memperkuat program BIPA dan mendukung internasionalisasi bahasa Indonesia.References
Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing, 3.
Dananto, R. A., Yasinta, S. A., Fauzani, S. R., Salsabila, V., & Saddono, K. (2023). Kuliner Gudeg sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam Mendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Sintaksis: Publikasi Para ahli Bahasa dan Sastra Inggris, 1(6), 01-15.
Guido, R. M. D. (2014). Evaluation of A modular teaching approach in materials science and engineering. American Journal Of Educational research, 2(11), 1126-1130. https://doi.org/10.12691/education-2-11-20
Gunawan, F. A., Marlina, A. D., Nugroho, A. W., Mardani, A. N., & Saddhono, K. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Melalui Media Kuliner “Nasi Goreng” untuk Mahasiswa Yale University, Amerika Serikat. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 1(4), 20-30.
Graham-Marr, Alastair. 2015. “Enhancing Student Schematic Knowledge of Culture through Literature Circles in a Foreign Language Classroom.” Journal of Language and Cultural Education 3 (1): 85–92. https://doi.org/10.1515/jolace-2015-0008
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.
Jessica, D. (2022). Perancangan UI/UX Media Belajar Program BIPA UMN (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Maipita, I., Dalimunthe, M. B., & Sagala, G. H. (2021). The Development Structure of the Merdeka Belajar Curriculum in the Industrial Revolution Era . Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020),163(ICoSIEBE 2020), 145–151. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210220.026
Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Community Dedication, 3(1), 88-97.
Maryam, S., Ningsih, D. N., Sanusi, D., Wibawa, D. C., Ningsih, D. S. N., Fauzi, H. F., & Ramdan, M. N. (2022). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Yang Inovatif, Adaptif, Dan Kolaboratif. JE (Journal of Empowerment), 3(1), 82-92.
Munir, M. (2015). The use of multimedia learning resource sharing (MLRS) in developing sharing knowledge at school. international Journal of Multimedia and engineering. 10(9). 61-68. https://doi.org/10.14257/ijmue.2015.10.9.07
Prihartanti, D. D., & Pradhanawati, A. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Siomay Dan Batagor Si Boss Semarang/46/adbis/2020 (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Science).
Purwati, D., & Suhirman, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Perkuliahan Apresiasi Sastra Anak Berbasis Sugesti-Imajinatif untuk Mengoptimalkan Budaya Menulis Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 166-174.
Runtiko, A. G. (2020). Makna Komunikasi di Balik Makanan Tradisional. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 16(1).
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33-41.
Setiawan, Asqina Mawadati Nur, Andayani Andayani, and Kundharu Saddhono.2017. “The Use of Writing Learning Media for Bipa Students To Understand Local Culture.” Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni 18 (1):66 https://doi.org/10.24036/komposisi.v 18i1.773
Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan modul ajar berbasis multimedia pada mata kuliah statistika pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 94-102.
Suher, R., and Panji Hermoyo. 2017. “Pengembangan Materi Ajar BIPA Melalui Budaya Lokal Jawa Timur.”Elementary School Education Journal) 1 (1): 48–56.
Susani, R. G. (2020). Penerapan dan evaluasi pendekatan berbasis teks dalam pembelajaran BIPA di Hanoi, Vietnam. Jurnal Indonesian Language for Foreign Speakers (JBIPA), 2(2), 60-69. https://doi.org/10.26499/jbipa.v2i2.2845.
Tara Dewi, D. (2022). Pengembangan Media Cerita Bergambar Tentang Penjajahan Belanda Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. 6(1). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.1966
Triana, H., Yanti, P. G., & Hervita, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).
Tricahyono, D. (2022). Pengembangan peta digital Candi Hindu-Buddha dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan empati sejarah Peserta Didik MAN 2 Tulungagung (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal ofEducational Technology, 17(1), 154.
Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.54082/jupin.39