Pengaruh Penggunaan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP ABDI MARYKE

Authors

  • Regina Sabariah Sinaga STKIP Budidaya Binjai
  • Ulfa Maysaroh STKIP Budidaya Binjai
  • Alvina Damai Kristin Br. Kembaren STKIP Budidaya Binjai
  • Dita Syafitri STKIP Budidaya Binjai
  • Siti Nurhayati STKIP Budidaya Binjai
  • Herlinda Putri Br Ginting STKIP Budidaya Binjai

Keywords:

Quizizz application and learning outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas 8 SMP ABDI MARYKE. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP ABDI MARYKE untuk kelas tes. Penelitian ini menggunakan aplikasi game Quizizz untuk penilaian akhir pembelajaran. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa data pretest memiliki nilai rata-rata sebesar 68,65 dan hasil posttest sebesar 79,7 yang berarti terdapat peningkatan nilai rata-rata antara pretest dan postes sebesar 11,05. Terdapat pengaruh positif terlihat pada nilai sig 0,000 < 0,05 dan perhitungan dengan uji Paired sampel dengan nilai thitung 17,417 > tabel 2,093 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest yang berarti terdapat pengaruh penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar matematika siswa SMP ABDI MARYKE.  

References

Abdurrahman, M. (2018). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis,dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 13.

Kemdikbud. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran Di Masa. Www.Kemdikbud.Go.Id, 26.Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2020/08/Kemendikbud-Terbitkan-Kurikulum-Darurat-PadaSatuan-Pendidikan-Dalam-Kondisi-Khusus

Maghfiroh, N. W. (2018). Pengaruh Penerapan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Al Ghazwah, 2(2), 207–226

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 99–104.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Pendidikan Hayati, 6(2), 1–7.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Indonesian. Jurnal Kependidikan.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78–83.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29– 39.

Sinaga, R. S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS X SMK SWASTA ASAHAN KISARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Serunai Matematika, 26 - 31.

Sinaga, R. S. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) SISWA KELAS VIII SMP SATU ATAP NEGERI 5 PANGURURAN. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 317-322.

Syahputra, R., Sebayang, S. H., & Wirevenska,(2021). Pengaruh Media Powerpoint Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Xi Smk SwastaPutra Jaya Stabat. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 66- 76.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113

Utomo, H. (2020). Penerapan media quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran tematik siswa kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 37–43

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Regina Sabariah Sinaga, Ulfa Maysaroh, Alvina Damai Kristin Br. Kembaren, Dita Syafitri, Siti Nurhayati, & Herlinda Putri Br Ginting. (2024). Pengaruh Penggunaan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP ABDI MARYKE. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1). Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1312