P PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP TARUNA BANGSA SAWIT SEBERANG

INFLUENCE OF THE GROUP INVESTIGATION LEARNING MODEL WITH CANVA MEDIA FOR CAPABILITIES WRITING AN OBSERVATION TEXT FOR CLASS VII STUDENTS PALM NATION TARUNA SMP SEBARANG

Authors

  • sri kurnia hastuti sebayang STKIP BUDIDAYA

Keywords:

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP TARUNA BANGSA SAWIT SEBERANG

Abstract

ABSTRACT  The iaim iof ithis iresearch iis ito idetermine ithe ieffect iof ithe igroup iinvestigation ilearning imodel iusing iCanva imedia ion ithe iability ito iwrite iobservation itexts ifor iclass iVII istudents iat iTaruna iBangsa iSawit iSeberang iMiddle iSchool ifor ithe i2023/2024 iacademic iyear. iThis itype iof iresearch iis iexperimental iresearch iwith ia ione igroup ipretest iposttest idesign. iThe isample iin ithis iresearch iwas i27 iclass iVII istudents iat iTaruna iBangsa iSawit iSeberang iMiddle iSchool ifor ithe i2023/2024 iacademic iyear. iThe iresults iof ithis iresearch ishow ithat ithere iis ian iinfluence iof ithe igroup iinvestigation ilearning imodel iusing iCanva imedia ion ithe iability ito iwrite iobservation itexts ifor iclass iVII istudents iat iTaruna iBangsa iSawit iSeberang iMiddle iSchool ifor ithe i2023/2024 iacademic iyear ias iproven iby ithe iresults iof ihypothesis itesting iusing ithe it itest itechnique, iwhere ithe icalculated it ivalue i> it itable inamely i22.28 i> i1.70.   Keywords: Group Investigation, Canva, Observation Text.  

References

DAFTAR PUSTAKA

Ananda, R., dan Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan: Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan: Widya Puspita. Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrata: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Azizah, V. N., dan Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 40-51.

Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270-275.

Dalman. (2014). Kererampilan Menulis. Jakarta: Rajaawali Pers. Ende, A. M. N., dkk. (2022). Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, 8(2), 193-199.

Febriani, I. N. (2019). Pembelajaran Mengonstruksi Teks Laporan Hasil Observasi Berorientasi Pada Isi Dan Aspek Kebahasaan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Visual Auditory And Kinesthetic (VAK) Pada Siswa Kelas X SMK Karya Pembangunan Margahayu Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS).

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

sebayang, sri kurnia hastuti. (2024). P PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP TARUNA BANGSA SAWIT SEBERANG : INFLUENCE OF THE GROUP INVESTIGATION LEARNING MODEL WITH CANVA MEDIA FOR CAPABILITIES WRITING AN OBSERVATION TEXT FOR CLASS VII STUDENTS PALM NATION TARUNA SMP SEBARANG. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1). Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1319