KONSEP REVOLUSI PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA PADA ERA PROKLAMASI KEMERDEKAAN SAMPAI ERA REFORMASI

Authors

  • Hafizhah Hamim Nasution STKIP BUDIDAYA BINJAI

Keywords:

Pendidikan Karakter, Era Proklamasi Kemerdekaan, Era Orde Baru, Era Reformasi

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui perkembangan pendidikan karakter pada era proklamasi kemerdekaan, orde baru, sampai reformasi serta untuk mengetahui persamaan dan perbedaan karakteristik perkembangan pendidikan karakter di Indonesia. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah library research atau kepustakaan, yakni metode penelitian yang diperoleh berdasarkan literature atau kepustakaan dengan melakukan analisis terhadap fakta dan data dari sumber pustaka dan dokumen, sehingga menghasilkan suatu analisis yang mendalam. Secara sederhana langkah kerja penulisan sejarah yang digunakan, meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil kajian menunjukkan bahwa pada era proklamasi kemerdekaan, pendidikan karakter bertujuan untuk membangun manusia susila yang arif bijaksana, demokratis, bertanggung jawab pada kesejahteraan masyarakat, cinta terhadap tanah air, dan memiliki jiawa patriot yang tinggi. Persamaan pendidikan karakter di Indonesia sejak proklamasi kemerdekaan sampai reformasi adalah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dijadikan landasan sikap, perilaku, dan tindakan warga negara. Pada urusan pemerintahan keduanya digunakan sebagai landasan pembuatan dan pengambilan kebijakan dalam implementasi pendidikan karakter. Perbedaan pendidikan karakter dari proklamasi kemerdekaan sampai reformasi dipengaruhi oleh aspek sosial, politik, ekonomi, dan kebudayaan terhadap kebijakan pendidikan karakter yang diambil.

References

Ahmadi. (2020). Pendidikan dari Masa Ke Masa. Bandung: CV. Armico.

Akbar, Sa’dun. 2020. Revitalisasi Pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Makalah disajikan dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM, Malang, 8 Juni.

Ariandy, Mohammad, ‘Kebijakan Kurikulum Dan Dinamika Penguatan Pendidikan Karakter Di Indonesia’, Sukma: Jurnal Pendidikan, 3.2 (2019), 137–68.

Balitbang Puskur Kemdikbud, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Jakarta: Puskur Kemdikbud, 2018.

Berkowitz & Bier, Melinda. 2019. What Works in Character Education: A research-driven guid for Educators. Washington: CEP.

Dalmeri. 2019. Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character), Jurnal Al-Ulum 14 (1).

Djojonegoro, Wardiman. 2019. Lima Puluh Tahun Perkembangan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Hidayatullah, Furqon. 2020. Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sadirman. 2020. Antara Pendidikan Karakter dan Pendidikan IPS. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS. FIS UM, Malang, 5 Desember 2020.

Sartini. 2019. Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafat. Jurnal Filsafat, 37(2).

Shofa, Abd. Mu’id Aris. 2019. Pendidikan Karakter di Sekolah Sejak Proklamasi Kemerdekaan Sampai Era Reformasi, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang 1(1).

Sjamsuddin, H., Sastradinata, K., & Hasan, S.H. (2020). Sejarah Pendidikan di Indonesia Zaman Kemerdekaan (1945-1966). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sjamsuddin, Kosoh Sastradinata, Said Hamid Hasan (2020). Sejarah pendidikan di Indonesia zaman kemerdekaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Somarsono Moestoko. (2019). Pendidikan Indonesia dari jaman ke jaman. Balai Pustaka: Jakarta.

Subkhan, Edi. 2018. Ideologi, Kekuasaan, dan Pengaruhnya pada Arah Sistem Pendidikan Nasional Indonesia (1950-1965), Journal of Indonesian History 7(1), (Online), http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jih.

Sudrajat, Akhmad. 2020. Pengembangan Karakter.(online), (http://akhmad sudrajat. wordpress.com/pengembangan karakter).

Suyanto, dkk. 2020. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Suradi, et.al. 2019. Sejarah Pemikiran Pendidikan dan Kebudayaan.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Inventaris dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

Suyanto, dkk. 2018. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Wahyuni, Fitri. 2019. Kurikulum dari Masa ke Masa (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan di Indonesia). Jurnal Al-Adabiya, 10(2).

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Nasution, H. H. . (2024). KONSEP REVOLUSI PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA PADA ERA PROKLAMASI KEMERDEKAAN SAMPAI ERA REFORMASI. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2). Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1436