Manajemen PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN KOMPETENSI MANAJERIAL BERBASIS HUMANIS PARTISIPATIF UNTUK PENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
Pengembangan Model Pelatihan Manajerial Kepala Sekolah
Keywords:
Pelatihan Manajerial, Humanis, Partisipatif, Kinerja Kepala SekolahAbstract
This research aims to develop a participatory humanist-based competence managerial training model that can improve the performance of school principals. By prioritizing a humanist and participatory approach, this model is designed to provide school principals with the skills and insight needed to lead and manage educational institutions effectively. The research method used is research and development (R&D), which includes needs analysis, model design, and training trials. The research results show that this training model increases the principal's understanding of participatory-based management, as well as improving communication, decision-making and collaboration skills in the school environment. In addition, respondents expressed increased motivation and job satisfaction after participating in the training. Thus, it is hoped that this participatory, humanist-based managerial training model can be an effective solution for improving the performance of school principals, which in turn will have a positive impact on the quality of education in schools.References
Amon, L., & Harliansyah, H. (2022). Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 147-162.
Auliah, Y., Putra, I. N. N. A., & Novianti, I. (2022). Pengaruh Kompetensi Manajerial, Supervisi Dan Sosial Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Di Smp Negeri Se-Kota Bima. SCIENTIFIC JOURNAL OF
REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 5(2), 341-
Bahri, S. (2010). Optimalisasi kinerja kepala sekolah. Jakarta: Gibon Books.
E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi dan Implementasi (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011).
Hade Afriansyah. 2019. “Kepemimpinan Pendidikan.” Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan,. 1988. Soetopo, Hendyat, Dan Wasti Sumanto,. Jakarta: Bina Aksara.
Ferry, L., & Ahrens, T. (2016). Leadership Style and Job Satisfaction in Higher Education Institutions. International Journal of Educational Management, 30, 140–164.
M. Dian W, Dkk. “Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah pada Masa Covid-19 di MTSs Nurul Islam Kuala”. e-Jurnal Serunai Admunistrasi Pendidikan Volume 11. No. 1 Maret 2022 e-ISSN : 2620-9209.
. “Hubungan Persepsi Guru terhadap Pekerjaan, Supervisi Kepala Sekolah, dan Motivasi Kerja dengan Kepuasan Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli
Serdang”. e-Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Volume 7. No. 1 Juli 2021.
e-ISSN : 2621-2676.
Mulyasa, E. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Rosdakarya, 2017.
Nurani, R. T., & Sarino, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 298.
Nurman, M., Yuliejantiningsih, Y., & Roshanty,
F. (2018). Pengaruh kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Mutu Sekolah SMP Negeri di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. JPM Universitas PGRI Semarang, 7(2016), 231–247.
Nurussalami, N. “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam MeningkatkanKinerja Guru di MTsN Tungkop.” CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 1, no. 1
(September 2015).
Rahimah, M. Dian W, Dkk.“Pencapaian Kinerja Kepala Sekolah dengan Menggunakan Analisis SWOT untuk mengembangkan Sekolah SD Negeri 058115 Kwala Sawit Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat Tahun 2020”. e-Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Volume 10. No. 1 Maret 2021. e-ISSN : 2620-9209.
Pribadi, A.B. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Implementasi Model ADDIE. Kencana.
Salam, Syarifudin, E., & Kamal, Y. (2021). Peran Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Yayasan Al-Badar Balaraja Tangerang. An-Nidom-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 122–145.
Samosir, L,H., Sulsami, E & Prasetia, I (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kreativitas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 4(2), 19-128.
Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75-84.
Sudarwan Danim, Kepemimpinan Pendidikan: Kepemimpinan Jenius (IQ + EQ), Etika, Perilaku Motivasional dan Mitos (Bandung: Alfabeta, 2010), 6.
Suyitno, S. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Peran Komite terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1564–1576.
Widodo, H. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan Dan Pembelajaran 2, 2(9), 85–93.
Zhang, Q., Siribanpitak, P., & Charoenkul, N. (2018). Creative leadership strategies for primary school principals to promote teachers’ creativity in Guangxi, China. Kasetsart Journal of Social Sciences, 41(2), 275–281.