PENGEMBANGAN PODCAST SEJARAH LOKAL BANJARNEGARA BERBASIS SPOTIFY DI MA TANBIHUL GHOFILIN BANJARNEGARA
Keywords:
Pengembangan, podcast, spotify, sejarah lokalAbstract
Perkembangan teknologi dan platform digital yang sangat pesat dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, sebagai contoh menjadikan platform digital sebagai media pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis podcast spotify pada materi sejarah lokal Banjarnegara pada masa kolonial di MA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara dan menguji kelayakan podcast spotify sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Uji coba dilakukan terhadap ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran dan sejumlah siswa MA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara kelas XI untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis podcast spotify. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan presentase nilai sebesar 78% untuk validasi materi, 87% untuk validasi media dan 83% untuk validasi pembelajaran. Sedangkan hasil uji coba terhadap peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 82%. Berdasarkan hasil validasi ahli dan rata-rata tersebut dapat dinyatakan bahwa podcast sejarah lokal Banjarnegara berbasis spotify “layak” dijadikan media pembelajaran sejarah.References
Cahyono, B. T., Prihatin, R., Sukmawati, F., & Santosa, E. B. (2023). Development of Authentic Assessment with Project Based Learning Approach in Primary School Students. 15(1), 539–548. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.3987
Daryanto, D. (2016). Media pembelajaran: Perannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penerbit Gava media.
Imarshan, I. (2021). POPULARITAS PODCAST SEBAGAI PILIHAN SUMBER INFORMASI BAGI MASYARAKAT SEJAK PANDEMI COVID-19 THE POPULARITY OF PODCAST AS INFORMATION SOURCES CHOICE. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 213–221.
Irhamni, H., & Ashari, M. K. (2023). Digital Platform-Based Learning Innovation in Elementary Schools in the Industry 4 . 0 Era : Systematic Literature Review. 15(2), 945–958. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i2.3327
Kesumaningtyas, S., Anjani, D. F., Yumerda, D., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast dalam Pembelajaran Digital: Peran dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2896
Nantana, M. G. R., & Wiradimadja, A. (2023). Inovasi Belajar Abad 21 Melalui Pengembangan Media Podcast Pembelajaran IPS Berbasis Instagram. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(01), 69–87. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.57702
Padli, A. faiz N., Abdullah, R., Huda, A., & Maksum, H. (2023). Development of E-Learning ICT Guidance at Hidayatul Musthafawiyah Salafiyah Islamic Boarding School. 15(1), 203–218. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2495
Putri, E. L., Derta, S., Musril, H. A., & Okra, R. (2023). Perancangan Media Pembelajaran IPA Kelas VII Berbentuk Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 di SMPN 7 Bukittinggi. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, 7(2), 194–203. https://doi.org/10.51211/imbi.v7i2.2218
Putri Weldami, T., & Yogica, R. (2023). Model ADDIE Branch Dalam Pengembangan E-Learning Biologi. Journal on Education, 06(01), 7543–7551.
Rahmah, L. A., & Ahsanuddin, M. (2023). Pengembangan Media Podcast pada Aplikasi Spotify sebagai Media Pembelajaran Maharah al- Istima’. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(11), 1613–1625. https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1613-1625
Rizki, J. S. W. (2023). Social Media as Tools of Communication and Learning. 15(1), 391–404. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2429
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suroyo, Adellia, P., & Isjoni Ishaq. (2024). Development of Podcast Media Based on the Spotify Application in History Learning on the Influence of Islamic Religion and Culture in Indonesia at Profession Bina Vocational School. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 1021–1027. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3917
Syahputra, muhammad afriliyan, Saruyatun, & Ardianto, D. T. (2020). PERANAN PENTING SEJARAH LOKAL SEBAGAI OBJEK PEMBELAJARAN UNTUK MEMBANGUN KESADARAN SEJARAH. Historia, 4(1), 85.
Wibowo, M. C. (2022). Poadcast (M. C. Wibowo (ed.); 1st ed.). Yayasan Prima Agus Teknik Bekerja sama dengan Universitas Sains & Teknologi Komputer (Universitas STEKOM).
Yusro, A. C., Safitri, W., Ngabdiningsih, S. W., & Ahsanul, M. (2023). Development o f Students ’ Science Worksheets Based on Liveworksheet as Alternative Learning Resources for Junior High School Students. 15(1), 133–146. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2406
Downloads
Published
Versions
- 2024-12-30 (2)
- 2024-12-28 (1)