IDENTIFIKASI RUANG LINGKUP MASALAH GURU IPA DALAM MENGAJAR MATERI BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI KOTA BINJAI

dewi rulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ruang lingkup masalah dalam mengajar materi Biologi yang tidak sesuai dengan spesialisnya di SMP Negeri di Kota Binjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode survey (angket). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian mengenai latar belakang pendidikan guru menunjukkan bahwa guru IPA didominasi oleh lulusan Sarjana Biologi. Hal ini sangat mendukung konten materi IPA SMP yang memiliki landasan (platform) dari konsep-konsep biologi, walaupun demikian IPA terpadu yang diajarkan di SMP menuntut guru untuk memahami dan mengintegrasikan dengan baik konsep-konsep Fisika, Kimia, Bumi dan Antariksa. Guru yang berasal dari bukan kelompok IPA atau bukan spesialisasinya dalam mengajarkan IPA mengalami kesulitan yang lebih tinggi ( spesialisasi BP dengan 79,05%) dibandingkan dengan guru yang berasal dari kelompok IPA yaitu spesialisasi Biologi dengan 49,92%. Faktor penyebab guru mengalami kesulitan dalam mengajar materi Biologi yaitu kualifikasi dan latar belakang pendidikan tidak sesuai dengan bidang tugasnya, tidak memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai bidang tugas, kurangnya kesempatan untuk mengembangkan profesi secara berkelanjutan, persoalan rambu-rambu atau acuan pelaksanaan, arah kebijakan pendidikan, paradigma sistem pendidikan, termasuk sistem dan kurikulum yang selalu mengalami perubahan, sistem yang selama ini digunakan oleh guru masih monoton sehingga berpengaruh terhadap pola pikir siswa.


References


Arikunto. S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara.Jakarta

BSNP. (2006 ). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP.BSNP.Jakarta

Buddin, R. dan Zamarro, G. 2009. Teacher Qualifications and Student Achievement in Urban Elementary Schools.http://www.rand.org/content/dam/rand/pubs/reprints/2010/RAND_RP1410.pdf, diakses 2 April 2015.

Cochran, K.F.,DeRuiter, J.A., dan King, R.A. 1993. Pedagogical Content Knowing: An Integrative Model for Teacher Preparation. Journal of Teacher Education, 44 (4): 263-272.

Depdiknas, 2003, Kurikulum 2004 SMA. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan penilaian. Mata pelajaran Biologi. Jakarta. Depdiknas.

Afni, Khairina. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Pada Manusia Di Kelas Xi Ipa Sma Negeri 5 Binjai. ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/224. J. Serunai Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No.2 . Hal:95-105

Permendiknas No. 22.(2006).Standar Isi.Jakarta.

Peraturan Pemerintah No.19.(2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta

Permendiknas No. 16.(2007).Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.Jakarta

Permendiknas No. 41.(2007).Standar Proses.Jakarta

Permendiknas No. 20 .(2007). Standar Penilaian Pendidikan.Jakarta

Purwianingsih, W., Rustaman, N.Y., dan Redjeki, S. 2010. Pengetahuan Konten Pedagogi (PCK) dan Urgensinya dalam Pendidikan Guru. Jurnal Pengajaran MIPA, 15 (2): 87-94.

Rahadyanti,A.(2010). IPA Terpadu Hadapi Tantangan (2010) http://ktspsekolah.blogspot.com/2010/02/konsep-pembelajaran-ipa-terpadu.html ( accessed 11 April 2010, 11:07 WIB)

Sitepu, DRB. 2017. Analisis Kesulitan Guru IPA Terpadu dalam Mengajar Materi Biologi di SMP Negeri Kota Binjai T.P. 2010/2011. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis ke-27, STKIP Budidaya Binjai.

Sitepu, DRB. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Tanpa Media Audiovisual Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Sebagai Unit Terkecil Kehidupan Di Kelas XI SMA Swasta Esa Prakarsa T.A 2018/2019. J. Serunai Ilmu Pendidikan Vol.5. No.1, STKIP Budidaya, Binjai.

Undang-Undang RI No. 20.(2003), Sistem Pendidikan Nasional.CV Medya Duta.Jakarta.

Unesco. 2010. Current Challenges in Basic Science Education. Paris: Unesco Education Sector.




DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.283

Refbacks



Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan

STKIP Budidaya Binjai

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id

publikasibudidaya@yahoo.com