PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI SMKS-PP PUTRA JAYA STABAT

khairina afni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning  terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMKS-PP Putra Jaya Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang diadakan selama bualan Agustus – Nopember 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Pertanian  SMKS-PP T.A 2019/2020 yang terdiri dari 3 kelas (115 siswa) sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil secara random yang terdiri dari dua kelas (76 siswa) yaitu kelas XI Nak-A  sebagai kelas kontrol dan XI Nak -B sebagai kelas eksperimen.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen pretest-posttest control group desaign. Alat pengumpul data pada penelitian ini berupa tes pilihan berganda sebanyak 25 soal setelah tes diuji terlebih dahulu validitas, reliabilitas, daya beda soal dan tingkat kesukaran soal. Hasil penelitan menunjukkan bahwa data nilai siswa baik pre tes maupun post tes dari kedua sampel yang diuji dengan uji normalitas Liliefors berdistribusi normal sedangkan untuk uji homogenitas dengan uji F, data pre tes dan post tes dari kedua sampel tersebut memiliki varians yang sama (homogen). Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pada hasil pretest = 53,5 dan pada hasil postest = 75 Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol pada hasil pretest = 40,2 dan pada hasil posttest = 68. Dari nilai rata-rata tersebut terlihat bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang diajarkan dengan pembelajaran Problem Based Learning  lebih baik. Hasil perhitungan uji normalitas dan uji homogeniras menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada data postest dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thit > ttab (2,23 > 2,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan model pembelajaran Problem Based Learning  terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMKS-PP Putra Jaya Stabat.


References


Afni, Khairina. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Di Kelas VIII SMP Putra Jaya Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan. Vol, 5 No 1. Hal 1-10.

Akınoglu, Orhan and Ruhan Ozkardes Tandogan. 2007. The Effects of Problem. Based Active Learning in Science Education on Students' Academic.

Amir. 2010. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group

Hajriana. 2010. Problem Based Learning (PembelajaranBerbasis Masalah). [online] http://hajrianawarnadunia .blogspot.com/2010/04/ problem- basedlearning- pembelajaran.

Sitepu, DRB. 2019. Penerapan Model Biologi Materi Xi Ipa Model Quantum Teaching Pada Pembelajan Pembelajaran Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas XI IPA SMA Swasta Esa Prakarsa Manusia Di Kelas. Proseding seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan. Hal: 1-9.

Sudarman. 2007. “Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 2 No. 2. Hal: 68-73.




DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan

STKIP Budidaya Binjai

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id

publikasibudidaya@yahoo.com