PEMBELAJARAN OUTDOOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKOSISTEM DAN PENANAMAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN PADA SISWA SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI

Nirmala Sari Nasution

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah rendahnya hasil belajar biologi siswa dan diduga karena rendahnya minat dan motivasi belajar siswa.   Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran outdoor dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Ekosistem Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli yang berjumlah 857 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas VII-8 sebanyak 31 orang. Penelitian dilakukan pada semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018.  Metode penelitian yang digunakan adalah action research (penelitian tindakan).   Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tindakan yang dilakukan pada siklus pertama adalah pembelajaran kooperatif dengan setting indoor dan pada siklus II adalah pembelajaran outdoor dengan lokasi taman SMP Negeri 1 Labuhan Deli.   Dari hasil analisis data pada siklus 1 diperoleh rata-rata hasil belajar  71,68 dengan kriteria keberhasilan tinggi (61,29 %).  Pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar 77,32 dengan kriteria keberhasilan tinggi (87,10 %).  Demikan juga dengan motivasi belajar, mengalami peningkatan pada setiap indikator. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa  pembelajaran outdoor dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem


References


Arikunto, S. (1989). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Bloom, B.S. et al. (1976). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York : Logman. Inc.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Sains.

Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikdasmen

Gagne, M.R. (1977). The Condition of Learning. New York : Holt Rinehart and Winston

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008). Jakarta : Balai Pustaka.

Kementerian Pendidikan Nasional (2010), Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa. Jakarta : Kemendiknas

Mc Glashan, P. and Gasser. (2007). Outdoor Inquiries. Portsmouth: Heinemann

Reigeluth, C. M. (1983). Instructional Design Theories and Models. Chicaco : Lauwrence Erbalm Associates

Mulyani, Sri dkk. 2007. Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar. Pendekatan Pembelajaran Biologi. Semarang: FMIPA UNNES.

Wardani, I.G.A. dkk (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Buku Materi Pokok, Modul UT Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan

STKIP Budidaya Binjai

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id

publikasibudidaya@yahoo.com