PENINGKATAN SELF CONFIDENCE MAHASISWA PRODI PRNDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI STKIP BUDIDAYA

Lilis Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk mengetahui peningkatan self confidence mahasiswa prodi pendidikan matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest-control Group Desain. Pengujian data menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : peningkatan self confidence siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada peningkatan self confidence pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa.


References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Dahar, R.W. (2006). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal PSIKOPEDAGOGIA 2016. Vol. 5, No. 1 ISSN : 2301-6167. Jakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Lauster, P. (2003). Tes Kepribadian (alih bahasa: D.H. Gulo). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Prayitno. (2013). Konseling Integritas. Padang: UNP.

. (2006). Perencanaan Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

. (2005). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Rahmat. (2016). Peningkatan Kemapuan Pemahamand dan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Aliyah Melalui Model Pembelajara Kooperatif Tipe Jigsaw. Sebuah penelitian di MAN Peisangan Bireuen. Aceh: Unsyiah.

Siti Mawaddah, Ratih Maryant. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 1, 76 – 85

Syahbana Ali. (2013). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa melalui penerapan strategi metakognitif. Jurnal pendidikan matematika, Vol 03 no 02.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan

STKIP Budidaya Binjai

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id

publikasibudidaya@yahoo.com