PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP SATU ATAP NEGERI 5 PANGURURAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

regina Sabariah Sinaga, Julia Eka Syahputri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika SMP Satu Atap Negeri 5 Panguruan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan desain penelitian pretest and postest control group design. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika yang berbentuk uraian, dengan materi yang diajarkan adalah bentuk aljabar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Satu Atap Negeri 5 Panguruan, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas. Satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelompok kontrol. Sampel pada kelompok eksperimen berjumlah 25 orang, dan sampel pada kelompok kontrol juga berjumlah 25  orang. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana. Rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematika kelas ekperimen sebelum dan sesudah pembelajaran adalah 68,2 dan 80. Sedangkan rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematika kelas kontrol sebelum dan sesudah pembelajaran adalah 68,6 dan 70,6. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-r. Sebelum uji-r dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji pendahuluan yaitu uji keberartian dan uji linieritas. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh hasil uji keberartian dengan nilai  adalah 26,19 sedangkan nilai  adalah 4,28. Selanjutnya dilakukan perhitungan uji linieritas dengan diperoleh nilai adalah 1,03 sedangkan nilai  adalah 2,66. Setelah uji pendahuluan dilakukan selanjutnya dapat dilakukan perhitungan uji-r untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai  pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen adalah 0,721 sedangkan nilai  adalah 0,361. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP Satu Atap Negeri 5 Panguruan Tahun Pelajaran 2018/2019.


References


Abdurrahman. Hakikat Belajar Matematika. Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2012

Fitriani, Rayi Siti. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 1. No.1. 2015. ISSN : 2477-5673

Firdaus, Muhammad. “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Vol. 5. No. 1. 2016

Sugiyono. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta, 2012

Ulia, Nuhyal. “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun datar Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pendekatan Saintifik Di SD”. Jurnal Tunas Bangsa. ISSN 2355-0066




DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan

STKIP Budidaya Binjai

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id

publikasibudidaya@yahoo.com