PENERAPAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA INDONESIA DAN BUDAYA PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS X AP 3 SMK SWAKARYA BINJAI

Ema Sri Feronika, Ismail Manurung

Abstract


Adapun tujuan   penelitian ini adalah untuk meningkatkan  hasil belajar siswa  pada mata pelajaran PKn  dengan menerapkan Metode Pembelajaran Picture and Picture di kelas X AP  3 SMK  SWAKARYA BINJAI. Subjek  penelitian   ini adalah seluruh  siswa kelas X AP  3 SMK  SWAKARYA BINJAI yang berjumlah  34 orang.  Adapun  metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.  Instrumen  penelitian ini terdiri d ari   lembar observasi,   dan lembaran tes. Data tes dianalisis  dengan menggunakan nilai  rata-rata dan persentase  ketuntasan   belajar,  sedangkan  data observasi  dianalisis dengan  rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria. Adapun temuan penelitian  ini adalah  aktivitas  guru pada siklus I  diperoleh rata-rata skor 30,5  dengan kriteria baik dan pada siklus II rata-rata  skor aktivitas  guru meningkat  menjadi 33  dengan kriteria baik.  Untuk aktivitas  siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 23 dengan kriteria cukup dan pada siklus II   ratar-ata skor aktivitas  siswa meningkat menjadi  30,5 kemudian   untuk hasil data tes siklus I  mendapat nilai rata-rata 6,46 dengan  ketntuasan klasikal 50% dan untuk siklus II  diperoleh nilai rata-rata 8,06 dengan ketuntasan belajar  klasik 184,61%.  Berdasarkan hasil penelitian  tersbeut dapat disimpulan   bahwa melalui metode  pembelajaran Picture and Picture  dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan  aktivitas guru  dan siswa dalam proses pembelajaran  PKn khususnya  di kelas X AP  3 SMK  SWAKARYA BINJAI. Berdasrkan  hasil penerapan  dengan model pembelajaran  picture and picture  dapat dijadikan bahan acuan untuk mengadakan  peneltian selanjutnya dari sudut permasalahan   yang berbeda.  Selain itu dapat  diimplementasikan  sebagai bahan kajian   pendekatan pembelajaran  bagi guru  untuk diterapkan  di kelas X AP  3 SMK  SWAKARYA BINJAI sebagai  alternative model pembelajaran.


References


Badudu. J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. ( Pustaka Sinar Harapan, Jakarta : 1996)

Depdikbud, Kedudukan Evaluasi dalam Pembelajaran (Depdikbud, Jakarta, 2002)

Indrakusuma, Amir Daim, Pengantar Interaksi Belajar dan Mengajar. ( Torsito, Bandung, 2003)

Jurnal Rahmat Fauzi Tentang Penerapan Metode Pembelajaran Picture and picture

Koentjaraningrat, Kebudayaan Mentalis dan Pembangunan, ( PT Gremedia Pustaka Utama, Jakarta. 2004)

Komalasari, Kokom, Yusnawan Lubis. Pendidikan Kewarganegaraan. ( Armico, Bandung, 2006)

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesional Guru. (Penerbit Kata Pena, Jakarta, 2014 )

Muhson, Ali. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, ( Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010)

Nasution, S. Didaktik Azas-Azas Mengajar, ( Jermmar Bandung : 2002 )

Sadirman, Arif. S, dkk. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Manfaatannya. ( Raja Gafindo, Jakarta : 2006 )

Sadirman. Interaksi dan motivasi belajar mengajar .( Rajawali Pres, Jakarta. 2007).

Sudjana, Nana. Penelitian Hasil Proses Belajar Mnegajar. ( PT. Remaja Rosdakarya, Bandung : 2010)

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. (Alfabeta, Bandung 2013)

Suryono, Joko. Jurnal Widyatama. (No. 1/ Volume 19/2010).

Wahidmurni, dkk. Evaluasi Pembelajaran, Kompetensi dan Praktek ( NUHA Letera Yogyakarta. 2010)

Wardani, dkk. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universita Terbuka. 2006 )

Wiriatmaja, Rochianti. Metode Penelitian Tindakan Kelas ( Bandung, PPS, UPI dan Remaja Rosdakrya 2005)




DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan

STKIP Budidaya Binjai

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id

publikasibudidaya@yahoo.com