PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X SMK SWASTA TAMAN SISWA BINJAI

Authors

  • Riska Meyrisa STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Sri Kurnia Hastuti Sebayang
  • Khairina Afni

DOI:

https://doi.org/10.37755/sjip.v6i2.333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sugesti imajinatif terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa Kelas X SMK Swasta Taman Siswa Binjai. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi penelitian sebanyak 87 siswa kelas X di SMK Swasta Taman Siswa Binjai. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (X TKI 2) dan kelas kontrol (X TKI 1) dengan jumlah sebanyak 23 siswa di masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil menulis puisi. Hasil uji prasyarat data menyatakan sampel terdistribusi homogen dan normal. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak (α = 0,05). Nilai sig. 2 tailed 0,003  kurang dari 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sampel Test dan diketahui bahwa nilai thitung sebesar 3,087 dengan df 44. Adapun nilai ttabel pada df 44 yaitu 2,015. Berdasarkan dari data tersebut yaitu 3,087 > 2,015 maka Ho ditolak dan HA diterima.

References

Djumingin, Sulastriningsih dkk. 2014.

Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia. Makassar: Badan Penerbit UNM.

. 2011. Strategi

dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar:

Badan Penerbit UNM.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian

“Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&Dâ€. Bandung: Alfabet.

Trimatra, Petrus. 2005. Metode Sugesti

imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis

Dengan Media Lagu. Jurnal.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Meyrisa, R., Sebayang, S. K. H., & Afni, K. (2021). PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X SMK SWASTA TAMAN SISWA BINJAI. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 100–105. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i2.333