UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ELEMEN INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE
DOI:
https://doi.org/10.37755/sjip.v7i1.426Abstract
Menulis sebagai salah satu kegiatan yang harus dihadapi siswa dalam proses pembelajaran, terutama untuk mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Melalui kegiatan menulis diharapkan siswa dapat menuangkan idenya baik yang bersifat ilmiah maupun imajinatif. Sekolah sebagai tempat siswa mengenyam pendidikan diharapkan dapat memberikan pembelajaran tentang menulis dengan baik menggunakan teknik yang tepat sehingga potensi dan daya kreativitas siswa dapat tersalurkan dengan baik, tidak hanya potensi yang terpendam. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Kabanjahe setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola; (2) bagaimana perubahan sikap dan perilaku siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Kabanjahe terhadap pembelajaran menulis cerpen, setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Kabanjahe setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola; (2) mendeskripsikan pendapat siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Kabanjahe terhadap pembelajaran menulis cerpen, setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Tiap siklus terdiri atas: (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Data tes yaitu berupa penilaian keterampilan menulis cerpen. Sedangkan alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Simpulan dari penelitian ini yaitu peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Kabanjahe setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola terlihat dari hasil tes menulis cerpen siswa pada tahap prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Nilai rata-rata siswa pada prasiklus mencapai 53 kemudian setelah dilakukan Siklus I meningkat menjadi 73 atau meningkat sebanyak 25,94% dari prasiklus. Setelah dilakukan Siklus II meningkat menjadi 78 atau meningkat sebanyak 7,58% dari Siklus I dan meningkat sebanyak 49,22% dari prasiklus.ÂReferences
Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Ariadinata, Joni. 2006. Aku Bisa Nulis Cerpen. Jakarta: Gema Insani
Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Diponegoro, Mohammad. 1994. Yuk, Nulis Cerpen Yuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Endraswara, Suwardi. 2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Kota Kembang
Hudiata, Edi. 2005. Kangen Banten dengan Menulis Cerpen. (http://www.hrena.com/MENULIS persen20CERPEN.cfm?pt=2&kt=1.cerpenbanten) (20 Agustus 2016)
Jabrohim dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Madya, Suwarsih. 1994. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta
Mugiarso. 2004. Bimbingan Konseling. Kabanjahe: UNNES Press
Naji, A. Dairobi. 2005. Maulid Nabi: Melahirkan Kembali Idola Sejarah. (http://www.sidogiri. comJmodules.php?name=News&file=article7sid=503) (20 Agustus 2016)
Nurgiantoro, Burhan. 2005: Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Pranoto, Naning. 2006. Proses Kreatif dan Mengolah Kata. http://rayakultura.net/ wmview.php?ArtID=100. (8 Agustus 2016)
Suharianto, S., 1982. Dasar-dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta
Sujanto, J. Ch., 1988. Keterampilan Berbahasa Membaca - Menulis – Berbicara Untuk Mata Kuliah Dasar Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud
Sumardjo, Jakob dan Saini K.M. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia
Tim Penyusun. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Titik, dkk. 2003. Teknik Menulis Cerita Anak. Yogyakarta: PUSBUK
Wiyanto, Asul. 2005. Kesastraan Sekolah Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: Grasindo