STUDI KEPUSTAKAAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA

Authors

  • Halimatus Sa'diyah
  • Alda Safira Ramadani STKIP Budidaya
  • Yulia Ningsih STKIP Budidaya
  • Sanimah - STKIP Budidaya

DOI:

https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.594

Abstract

ABSTRAKKarya ilmiah ini bertujuan untuk mengupas secara tuntas terkait model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah studi kepustakaan (library research) dimana studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan berbagai sumber data atau teori yang mendukung dalam terbentuknya karya ilmiah ini. Pembahasan pada karya ilmiah ini dilakukan dengan menganalis lima artikel penelitian yang relevan dengan tujuan penelitian untuk model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa beberapa penelitian terdahulu menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) sekiranya dapat memberikan solusi dan dapat diterapkan pada proses pembelajaran matematikan di kelas.Kata-kata kunci:Hasil Belajar Matematika; Studi Kepustakaan; Model Pembelajaran Kooperatif; Teams Games Tournaments (TGT)

References

DAFTAR PUSTAKA

Arrahmah. R. M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Cooperative Learnung Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas IV SDN Terpadu Sungai Kunjang Samarinda. Jurnal Of Science And Mathematic Education. 1(1), 61-74.

Fathurrohman, Pupuh, dan Sutikno, M. Sobry. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Hidayanto. 2006. Model-model Pembelajaran Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ibrahim, Uslim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Surabaya University Press

Makmur, M. A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Dimensi Tiga Dengan Model Kooperatif Tipe Team GamesTournament (TGT) Di Kelas XII MAN 2 Kota Probolinggo. Jurnal Pedagogy. 6(1), 60-66.

Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyati, E., & Guntarsih. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) Di Kelas V SDN Patrokomala Kota Bandung. Jurnal Cakrawala Pendas. 4(1), 26-32.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tora, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Marisa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT). Jurnal Ilmu Pendidikan Nonforma. 8(1), 375-380.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Wiranti, A. A. (2019). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas 5. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika.6(1), 72-79.

Published

2022-07-26

How to Cite

Sa’diyah, H., Ramadani, A. S., Ningsih, Y., & -, S. (2022). STUDI KEPUSTAKAAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 109–115. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.594