KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP ABDI NEGARA BINJAI PADA MATERI BILANGAN PECAHAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.626

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bilangan pecahan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Abdi Negara Binjai. Sampel di dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII dengan jumlah 34 orang, untuk menentukan subjek penelitian menggunakan pemilihan sampel bertujuan (purposive sample), dipilih 5 subjek untuk mewakili 5 kategori kemampuan pemecahan masalah siswa agar dapat memberikan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah untuk setiap kategori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah dalam analisis data ini adalah reduksi, penyajian, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa dari sebanyak 34 orang siswa diperoleh ada 8 orang peserta didik (23,5%) memiliki kemampuan pemecahan masalah “sangat tinggi†atau mampu melaksanakan 4 tahap kemampuan, 3 orang peserta didik (8,8%) termasuk dalam kategori “tinggi†atau belum mampu melaksanakan tahap ke empat, 4 orang peserta didik (11,8%) termasuk kedalam kategori “sedang†atau mampu melaksanakan tiga tahap pertama namun salah di dalam perhitungannya, 10 orang peserta didik (29,4%) termasuk kedalam kategori “rendah†atau mampu melaksanakan tahapan 1 dan 2 namun salah dalam perhitungan dan belum mampu melaksanakan tahap ke 3 dan 4, dan 9 orang peserta didik (26,5%) termasuk ke dalam kategori “sangat rendah†atau belum mampu melaksanakan ke empat tahapan dengan baik.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Admin Padamu. 2017. Pengertian Pecahan Dalam Matematika. Diakses 09 November 2020 at 15.12 Dari http://www.padamu.net/pengertian-pecahan

Permendiknas No.22 Tahun 2006, Standar Isi.

Polya, G. (1985). How to Solve lt. A New Aspect of Mathematical Methods. New Jersey: Pearson Education, lnc.

Sitepu, DR. 2021. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Dengan Media Daring (Dalam Jaringan) Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Padang Tualang. Jurnal Serunai Matematika Vol 13, No. 1.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. H., 9

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional

Zulhayana, Sri. 2020. Pengaruh Penerapan Model Core Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Jurnal Serunai Matematika Vol. 12 (12).

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Fauziah, P., Zulhayana, S., & Sitepu, D. R. (2022). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP ABDI NEGARA BINJAI PADA MATERI BILANGAN PECAHAN. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 87–96. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.626