PERALIHAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA LANGSUNG KE PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA DARING

dewi rulia, Khairina afni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa dalam peralihan penerapan pembelajaran biologi secara langsung ke pembelajaran melalui media daring. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 36 siswa XI IPA SMA Negeri 1 Padang Tualang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskritif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan 31 butir pernyataan. Dari perhitungan data yang diperoleh menunjukan bahwa persepsi siswa dalam mengikuti pembelajaran biologi secara daring masuk dalam kriteria kurang positif. Hal ini dapat dilihat dari pada indikator menerima/menyerap bahwa besar skor 2012,5 dengan besar persentase 34,16%. Indikator mengerti/memahami besar skor 1875 dengan besar persentase 31,84%. Dan indikator menilai besar skor 2002,8 dengan besar persentase 34%. Maka dari itu, persepsi siswa SMA Negeri 1 Padang Tualang dalam mengikuti penerapan pembelajaran biologi secara daring “Kurang Positif”.


Full Text:

PDF

References


Adila, Kharizatul, Harisah, Yuzna, 2010. ”Persepsi Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri 1 Bojong Terhadap Pembelajaran Online Pada Pelajaran Matematika”. (Seminar Nasional Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 1 PendidikanMatematika – FKIP UniversitasPekalongan).

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, A dan Prabantoro, G. 2005. Pemanfaatan Fasilitas Gratis Di Dunia Maya Untuk Pengembangan Media E-Learning Murah (Studi Empiris Pengembangan Situs Kelas Sistem Informasi Manajemen - Www.Kelassim.Tk). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI 2005). Yogyakarta, 18 Juni 2005

Khusniyah, Nurul Lailatul & Hakim, Lukam. 2019.” Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris” (Jurnal Tatsqif, Volume 17, No. 1, Universitas Islam Negeri Mataram).

Nugroho, Aditya Dwi, 2016. ”Hambatan Siswa dalam mengiuti pembelajaran pendidikan Jasmani Di Mts Ma’arif Daarusholihin Sumberadi Mlati Sleman” (Skripsi : Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta).

Ridwan, 2004. Statistika Untuk Lembaga dan Instansi Pemerintah/Swasta.Alfabeta : Bandung.

Sari, Pusvyta. 2015. “Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning” (Jurnal Ummul Qura Vol 6, No 2, INSUD Lamongan).

Sobron A.N dkk. 2019.“Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa”. (Jurnal Pendidikan Islam, vol 1, no 2, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo).

Susiati, A. 2022. Improving Learning Outcomes Using Google Classroom-Assisted Flipped Learning. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, Volume 7. Issue 2. June 2022.

Waryanto, Nur Hadi, 2006. ”on-learning Sebagai salah satu inovasi pembelajaran” .( Jurnal Pythagoras, Vol. 2, No 1).




DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v8i2.771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan

STKIP Budidaya Binjai

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id

serunaibudidaya@gmail.com