INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK-PAIR-SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 5 BINJAI

khairina afni, Dewi Rulia Sitepu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat Integrasi Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Di Kelas XI SMA Negeri 5 Binjai. Metode Penelitian menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini bermaksud untuk melihat hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Dengan tujuan memperoleh informasi dengan memberikan perlakuan atau aplikasi kepada satu kelompok siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran TPS relatif tinggi dengan skor rata-rata 7,1. Ketuntasan belajar siswa pada kelas TPS yang dinyatakan tidak tuntas belajar individu sebesar 32,5% dan secara klasikal hanya tuntas sebesar 67,5% Tingkat ketercapaian indikator keseluruhan pada kelas TPS sebesar 78,02.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. M., (2009), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Afni, K. (2018), Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia Di SMA Al-Ulum Medan. Jurnal Serunai Ilmu Pendidkan. Vol. 4 No.1. 200-206

Arikunto, S., (2007), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Arikunto, S., (2005), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi Keenam, Rineka Cipta, Jakarta.

Doloksaribu, S., (2010), Perbandingan Mode; Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dan TPS (Think-Pair-Share) pada Sub Materi Pokok Daur Biogeokimia di Kelas X SMA Ngeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2009/2010, Skripsi, FMIPA, UNIMED, Medan.

Harahap, K., (2010), Perbandingan Model Pembeelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) dan STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Matari Pokok Ekosistem Kelas X SMA UISU Medan Tahun Pelajaran 2009/2010, Skripsi, FMIPA, UNIMED, Medan.

Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur,M., dan Ismono., (2000), Pembelajaran Kooperative, University Press, Surabaya.

Mulyono dan Dimyati., (2009), Belajar dan Pembelajaran, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Nurhadi., (2004), Kurikulum 2004, PT Grasindo, Jakarta.

Pratiwi, D.A., Sri Maryati, Srikini dan Suharno., (2005), Buku Penuntun Biologi SMA untuk Kelas XI Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Rosmaini, A., (2003), Meengajar dengan Sukses, PT. Grasindo, Jakarta.

Sanjaya., (2007), Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.

Saktiyono., (2009), Seribu Pena Biologi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Simanungkalit, H., (2009), Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Investigasi Kelompok pada Pokok Bahasan Sistem Pernafasan pada Manusia di Kleas XI SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pelajaran 2008/2009, Skripsi, FMIPA, UNIMED, Medan.

Trianto., (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Kencana Drenada Media Group, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v8i2.773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan

STKIP Budidaya Binjai

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id

serunaibudidaya@gmail.com