ANALISIS SELF REGULATED LEARNING MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS SISWA KELAS XI SMA TUNAS BANGSA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37755/sjip.v8i2.776

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui self regulated learning matematika siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket self regulated learning matematika siswa dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks persentase self regulated learning matematika siswa pada indikator kognitif sebesar 73,8% dengan kategori baik. Indeks persentase self regulated learning matematika siswa pada indikator performance sebesar 74,5% dengan kategori baik. Indeks persentase self regulated learning matematika siswa pada indikator self reflection sebesar 66,3% dengan kategori baik, dan indeks persentase self regulated learning matematika siswa secara keseluruhan sebesar 75,06% dengan kategori baik

References

Afrianty. 2020. Panduan Pembelajaran Daring. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar†JurnalIlmu Pendidikan, Vol. 2 (1), hal. 55-61

Febriyanti, F. 2021. “Analisis Self-Regulated Learning dalamPembelajaranMatematika Pada Siswa SMPâ€. JurnalEdukasi Pendidikan Matematika, Vol 9 (1), hal. 1-10.

Hamdani. 2011. Srategi BelajaR Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasratuddin. 2014. “Pembelajaran Matematika Sekaramg Dan Yang Akan Datang Berbasis Karakterâ€. Jurnal Dikdaktik Matematika, Vol. 1 (2), hal. 30-42.

Jayanti, V.S dkk. 2020. “AnalisisSelf Regulated Learning Di Masa Pandemi Covid 19 Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sambisariâ€. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar, Vol. 3 (3), hal. 210-215.

Kristiyani, Titik. 2016. Self Regulated Learning: Konsep, Implikasi, dan TantangannyaBagiSiswa di Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Kuntarto, Eko. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggiâ€. Journal Indonesian Language Education and Literature, Vol. 3 (1), hal. 26-34.

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. 2019. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Logawe, R., Mardiati, M., & Syahputra, D. H. (2021). PROFIL DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMICOVID-19 STUDI KASUS PADA MAHASISWA STKIP BUDIDAYA BINJAI. Jurnal Serunai Matematika, 13(1), 55-61.

Lestari, N., Irwan, I., & Afni, K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid 19 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI Sma Swasta Melati Binjai. Jurnal Serunai Matematika, 13(1), 34-43.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

mardiati, mardiati, afni, K., Hartini, T. A., & sitepu, E. (2023). ANALISIS SELF REGULATED LEARNING MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS SISWA KELAS XI SMA TUNAS BANGSA. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 158–161. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i2.776