ANALISIS SELF REGULATED LEARNING MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS SISWA KELAS XI SMA TUNAS BANGSA

mardiati mardiati, Khairina afni, Tifany Alsha Hartini, Ediaman sitepu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui self regulated learning matematika siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket self regulated learning matematika siswa dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks persentase self regulated learning matematika siswa pada indikator kognitif sebesar 73,8% dengan kategori baik. Indeks persentase self regulated learning matematika siswa pada indikator performance sebesar 74,5% dengan kategori baik. Indeks persentase self regulated learning matematika siswa pada indikator self reflection sebesar 66,3% dengan kategori baik, dan indeks persentase self regulated learning matematika siswa secara keseluruhan sebesar 75,06% dengan kategori baik


Full Text:

PDF

References


Afrianty. 2020. Panduan Pembelajaran Daring. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar” JurnalIlmu Pendidikan, Vol. 2 (1), hal. 55-61

Febriyanti, F. 2021. “Analisis Self-Regulated Learning dalamPembelajaranMatematika Pada Siswa SMP”. JurnalEdukasi Pendidikan Matematika, Vol 9 (1), hal. 1-10.

Hamdani. 2011. Srategi BelajaR Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasratuddin. 2014. “Pembelajaran Matematika Sekaramg Dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter”. Jurnal Dikdaktik Matematika, Vol. 1 (2), hal. 30-42.

Jayanti, V.S dkk. 2020. “AnalisisSelf Regulated Learning Di Masa Pandemi Covid 19 Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sambisari”. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar, Vol. 3 (3), hal. 210-215.

Kristiyani, Titik. 2016. Self Regulated Learning: Konsep, Implikasi, dan TantangannyaBagiSiswa di Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Kuntarto, Eko. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi”. Journal Indonesian Language Education and Literature, Vol. 3 (1), hal. 26-34.

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. 2019. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Logawe, R., Mardiati, M., & Syahputra, D. H. (2021). PROFIL DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMICOVID-19 STUDI KASUS PADA MAHASISWA STKIP BUDIDAYA BINJAI. Jurnal Serunai Matematika, 13(1), 55-61.

Lestari, N., Irwan, I., & Afni, K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid 19 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI Sma Swasta Melati Binjai. Jurnal Serunai Matematika, 13(1), 34-43.




DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v8i2.776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan

STKIP Budidaya Binjai

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id

serunaibudidaya@gmail.com