HUBUNGAN PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN DENGAN KESIAPAN KERJA MAHASISWA SEMESTER VIII STKIP BUDIDAYA BINJAI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi permasalahan kesiapan kerja mahasiswa semester VIII STKIP Budidaya Binjai.Pengalaman praktik lapangan diduga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja mahasiswa.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan pengalaman praktik lapangan dengan kesiapan kerja mahasiswa semester VIII STKIP Budidaya Binjai tahun akademik 2021.Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional.Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester VIII STKIP Budidaya Binjai yang berjumlah 200 mahasiswa aktif.Sampel berjumlah 80 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Pengalaman praktik lapangan dan kesiapan kerja menunjukkan nilai sig <0,05 yaitu 0,01 dan pearson correlation 0,833 hubungan positif. Kesimpulannya ada hubungan antara pengalaman praktik lapangan dengan kesiapan kerja mahasiswa semester VIII STKIP Budidaya Binjai.
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik (BPS). (Februari). (2021)Survei Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT).Online. Tersedia:http://www.pbs.go.id. [diakses 24 Maret 2021].
Caballero, C., Walker, A., & Tyszkiewicz, M. (2011).The Work Readiness Scala: Developing a measure to assess work readiness in college graduates. Journal of teaching and learning for graduate employability
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI : Jakarta.
Dirwanto. (2008). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa SMK Ma’arif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2007/2008. Tesis. Universitas Sebelas Maret.
Fitriyanto, A. (2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dineka Cipta.
Muhazir, (2019).Hubungan Motivasi Kerja dengan Kesiapan Kerja Siswa di SMK Nusatama Padang serta Implikasinya Dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling : ejournal.stkipbudidaya.ac.id. Vol. 8.No. 1. Februari 2019
Ridho. F. S., & Birsul., T. (2017). Hubungan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan Industri (PKLI) Dengan Kesiapan Kerja Siswa Sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Kelas XII Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Medan T.A 2016/1017. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan: Vol. 19 No. 1 April 2017
Siti Mariah. (2010). Kesenjangan soft skills lulusan SMK dengan Kebutuhan Tenaga Kerja di Industri.Jurnal Inovasi dan Perekayasa Pendidikan.
Surokim. (2016). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Lapangan dan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 15. Smarinda. Ejornal. Psikologi. Fisip-ummul.ac.id. Vol 4. No 3. 2016 ISSN 2477-2674.
Vicky. S. Wahyudi. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2014 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang
Winkel, JP W.S. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Yayasan Perguruan Tinggi STKIP Budidaya Binjai.(2020). Buku Pedoman Propram Pengalaman Lapangan Integratif (PPLI). www.stkipbudidaya.ac.id
Zainal Asri. (2013). Micro Teaching; disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v8i2.777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan
STKIP Budidaya Binjai
http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id
serunaibudidaya@gmail.com