PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TSM DI SMK SWASTA SRI WAMPU

Nurul Hasanah, Seget Tartiyoso, Ayu Azhari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengaruh data layanan informasi karir terhadap peningkatan pemahaman rencana karir pada siswa dan untuk memutuskan perluasan pemahaman persiapan bagi siswa kelas XI TSM di Sekolah SMK Swasta Sri Wampu. Teknik pemeriksaan ini bersifat kuantitatif dengan jenis eksplorasi yang digunakan analis adalah Pre-test Plan dengan one gathering pretest-posttest plan. Jumlah penduduk dalam tinjauan ini adalah siswa kelas XI TSM Sekolah SMK Swasta Sri Wampu yang berjumlah 54 siswa. Contoh dari ujian ini adalah siswa kelas XI TSM Sekolah SMK Swasta Sri Wampu sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala perencanaan karir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan data layanan karir, siswa yang mendapat mengartikan pendidikan kejuruan memiliki skor normal 36,94. Setelah diberikan layanan informasi karir untuk lebih mengembangkan penataan kejuruan, siswa mendapat peningkatan dengan skor normal 66,18. Sedangkan akibat dari pengujian teori terdapat pengaruh layanan informasi karir terhadap pengembangan lebih lanjut penyusunan profesi siswa yang ditunjukkan dengan hasil thitung > ttabel, yaitu 5.813 > 2.026. Akhir dari tinjauan ini adalah terdapat pengaruh layanan informasi karir terhadap pengembangan lebih lanjut profesi persiapan siswa kelas XI TSM di Sekolah SMK Swasta Sri Wampu.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Junita Nurihsan. (2014). Bimbingan & Konseling Dalam Berbagai Latar kehidupan. Bandung:PT Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta, Rineka Cipta.

Bimo Walgito. (2010). Bimbingan dan Konseling Studi Karir. Yogyakarta: Andi

Donald, Kieso, E., Jerry J. Weygandt., & Terry D. Warfield. (2012). Karir Intermediate, edisi 12 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Falentini, Febry Yani. 2013. Usaha yang Dilakukan Peserta Didik dalam Menentukan Arah Pilihan Karir dan Hambatan-Hambatan yang ditemui. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 1 No 1.

Hartono, Jogiyanto. 2010. Perencanaan Krir Bisnis Edisi 6. Yogyakarta: BPFE.

Hidayati, Richma. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muria Kudus. Vol. 1 No. 1.

Lenia, Sitompul. (2018). upaya meningkatkan pemahaman perencanaan karir siswa melalui layanan bimbingan karir di sekolah dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang tahun pelajaran 2017-2018. Jurnal Tabularasa PPS Unimed/ Vol.15 No.3

Margono, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurjanah, S.N., Siti, A. M., & Laelatul, D. B. (2013). Asuhan perencanaan karir. Bandung: PT Refrika Aditama.

Nurmasari. (2015). Peran penting perencaraan dan pengembangan karir. Dosen Program Studi Administrasi Publik FISIPOL UIVol.1,No.2,hal 268-281.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang berhasil layanan dan kegiatan Pendukung. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Putri, Ramtia Darma. (2017). Peningkatan Arah Perencanaan Karir Siswa Melalui Layanan Informasi. Dosen Universitas PGRI Palembang. Vol. 15 No 3.

Ruslan, Rosady (2012), Manajemen Public Relations dan media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Richa, Alifia. (2012). Pengaruh struktur Corporate Governance terhadap perencanaan karir, Universitas Diponegoro, Semarang.

Resi, Agus Sumadi. dan Eka, Sulistyowati. (2017). Pengaruh Sikap, Motivasi, dan layanan informasi karir. Jurnal Manajemen Unud. Vol 6(2).

Rian, Johnly Pio. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Karir. Staf Pengajar Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi. Vol. 1 No.3

Relia, Yulianti. (2020). Hubungan Konsep Diri dengan Perencanaan Karir Siswa di SMAN 1 Batipuh. Vol 2. No 2

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif san R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D. W. (1987). Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tri, Rahayu. (2014). Perkembangan Kemampuan Membaca Siswa Berdasarkan Alat Evaluasi Membaca Berbasis Portofolio. FPBS, Universitas Pendidikan Indonesia, bandung.

Tohrin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Press

Undang-undang Mendiknas. No. 22 Tahun 2006 Tentang Standard Isi Dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Yeni, Utami. 2013. “ Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat”. Jakarta : Rineka Cipta.

Winkel. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Walgito. (2010). Bimbingan dan Konseling Studi dan Karier. Yogyakarta Bimo

Winkel & Hastuti Sri. (2006). Bimbingan dan konseling di Institusi Pendidikan. (Yogyakarta:Media Abadi.

Winkel, W.S. (1991). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo




DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v8i2.779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan

STKIP Budidaya Binjai

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id

serunaibudidaya@gmail.com