PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 2 SUNGGAL

Authors

  • Meriani Tarigan STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Efrini Panjaitan
  • Ismail Ismail

DOI:

https://doi.org/10.37755/sjip.v8i2.780

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi terhadap Prestasi Pemahaman Membaca Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana kelas eksperimen dan kelas kontrol akan dilakukan oleh penulis. Dalam penelitian ini penulis mengajar siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan teknik diskusi dan kelas kontrol dengan menggunakan metode tradisional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP NEGERI 2 SUNGGAL. Dengan demikian, untuk mendapatkan informasi nilai akhir penulis memperoleh data dengan memberikan tes pada pertemuan terakhir. Jumlah populasi adalah dua kelas dan terdiri dari 80 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari tes yang diperoleh dari tes yang diperoleh dari kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan teknik diskusi dan kelas kontrol yang diajar dengan metode tradisional menunjukkan nilai rata-rata tes di kelas eksperimen adalah 8,20, sedangkan nilai rata-rata tes di kelas kontrol adalah 6,63 dan (t observasi) adalah 5.6. Derajat kebebasan (df) 58 diperoleh dari (N1 + N2-2) = (30 + 30-2). Dalam skripsi ini penulis menggunakan taraf signifikansi 5% dan 1%. Pada tabel signifikansi diperoleh nilai derajat signifikansi 5% dan 1% nilai derajat signifikansinya adalah 2, 00 dan 2, 65. Jika dibandingkan dengan masing-masing nilai derajat signifikansi diperoleh hasil 2, 00 <5.6> 2, 65. Berdasarkan analisis data dan pembahasan di atas, berarti ada pengaruh teknik diskusi terhadap kemampuan membaca siswa. Sehingga siswa memiliki tanggung jawab dan merasa menikmati proses pembelajaran. Artinya, teknik diskusi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran membaca.

References

David, Parson. P. 1974. Teaching Reading Comprehension. America: United State of America.

David, Parson. P and Johnson, D.Dale. 1978. Teaching Reading Comprehension: Company.

Gangel, Kenneth. http bible-org/series page/teaching discussion (accessed on 14 July 2020).

Huebener. 2006. Teaching English as a Foreign Language. Yogyakarta: Graham Ilmu Yogyakarta.

Johnson and Holubec. 1999. Hand Book of Cooperative Learning Methods. London: Prager Publisher.

Jordan, R.R. 1997. English For Academic purposes A guide and resource Book for Teachers, Australia: Cambridge University Press.

Kessler, Carolyn. 1992. Cooperative Language Learning. New Jersey: Prantice-Hall,Inc.

Klingner, Jannette, Sharon Vaughhn and Alinson. 2007. Teaching Reading Comprehension to Students with Learning Difficulties: Guilford Press.

Larryl, Barker. 1987. Communication Englewood Clifts Jersey: Prentice Hall.

Markusic, Mayflor. Retrieved on http./www/dynamic flight. Classrom Instruction on April 5 2010.

Nunan, David, Paul and K,Donld. 1989. Method for Teaching, A Skill Approach: Ohio,Merril Company.

Raygor, Alton L and Robin D.Raygor. 1985. Effective Reading;Improving Reading Rates and Comprehension. America.

Slavin, Robert A. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice-Second Edition. Needham Heights: Allyn and Bacon.

Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Wainwright, Gordon. 2007. How to Read Faster and Recall More: Oxford.

Weir, Urquhart A. Hand. 1998. Reading in a Second Language: Process, Product and Practice: Longman.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Tarigan, M., Panjaitan, E., & Ismail, I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 2 SUNGGAL. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 162–170. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i2.780