PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA KELAS VIII SMP SWASTA MELATI BINJAI

Regina Sabariah Sinaga, Oktovia Upika

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang masih kurang baik, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan statistika kelas VIII SMP Swasta Melati Binjai tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Melati Binjai .Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Melati Binjai. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara Random Sampling dan terpilih kelas VIII-b sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional dan VIII-a sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran discovery learning. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa pretest dan posttest berbentuk uraian. Uji hipotesis yang digunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan uji prasyarat didapat 𝑙0 <𝑙 π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ maka perhitungan normalitas pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, uji homogenitas didapatπ‘“β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” <π‘“π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ , data pretest yaitu 1,19 < 1,80, data posttest 1,34 < 1,80 maka populasi homogeny, uji keberartian didapat π‘“β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” >π‘“π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ yaitu 1,34 > 1,80 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehinggaa ranah koefisien berarti, uji kelinearan apabila π‘“β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” >π‘“π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ yaitu 12,12 < 4,15 maka H0 diterima dan Ha ditolak maka linear, dan π‘Ÿβ„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›οΏ½οΏ½ > π‘Ÿπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ yaitu 0,52 > 0,34 maka ( r β‰  0 ) dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan statistika kelas VIII SMP Swasta Melati Binjai.


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Rineka Cipta 2013).

Kholik, M, Metode Pembelajaran Konvensional. (2011).

Regina Sabariah Sinaga, dkk. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Palapa Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. ( STKIP Budidaya Binjai :jurnal pendidikan 29 Agustus 2019)

MarantikaAryani,Dkk, Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa (Palembang: Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA Vol 1 Nomor 2 2015 )

Nurhasanah Dede Eti, dkk, Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemacahan Masalah Pada Siswa SMP( Majalengka: Jurnal Didactical Mathematics Vol 1, Nomor 1 2018 ).

Purileila, Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning danModel Konvensional Untuk eningkatkan Perilaku Tanggungjawab Pada Pembelajaran PKN Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung, (Tesis, 2016).

RasyidinAli.Teori Belajar dan Pembelajaran. (Medan: Perdana Publishing. 2012).

Rusman, Model-model pembelajaran.( Jakarta: Grapindo Persada. 2012).

Santoso Rudi, Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX semester 1 SMPN 1 wampu tahun pelajaran 2016/2017 (Binjai: skripsi. STKIP BUDIDAYA BINJAI).




DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v8i2.781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan

STKIP Budidaya Binjai

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id

serunaibudidaya@gmail.com