PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DI SMP KARYA BAKTI SELESAI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di SMP Karya Bakti Selesai. Jenis penelitian adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-1 sebagai kelompok kontrol yang ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa, sebanyak 20 siswa untuk kelas eksperimen dan 20 sebagai kelas kontrol. Uji persyaratan yang digunakan adalah Liliefors untuk menguji normalitas data, sedangkan uji fisher untuk menguji homogenitas data. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang telah diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah 79,10 dan nilai rata-rata postest hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang telah diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah sebesar 73,50 sehingga didapatkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh sebesar 59,29%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Downloads
Published
2023-07-30
How to Cite
Harleni, S. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DI SMP KARYA BAKTI SELESAI. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 33–39. Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/852
Issue
Section
Articles