This is an outdated version published on 2023-10-26. Read the most recent version.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEBUDAYAAN INDONESIA SISWA KELAS IV SDN SUKAMULYA 01 KABUPATEN BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v12i2.956Abstract
Pembelajaran yang telah dilangsungkan oleh guru kepada siswa ternyata masih belum maksimal dalam mata pelajaran PKn, akibatnya berdampak kepada banyak siswa yang belum memperoleh nilai KKM. Seorang guru perlu mampu memberikan variasi sebuah pembelajaran agar membuat siswa mampu belajar aktif. Melalui penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukamulya 01 Kabupaten Bekasi yang dilaksanakan bersama guru di SDN Sukamulya 01 Kabupaten Bekasi. Penelitian ini memakai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Juni 2023 menggunakan 2 siklus yang mengambil dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi atau pengamatan, dan tahap refleksi. Pada proses pengambilan data menggunakan tes dan non tes. Siswa kelas IV SDN Sukamulya 01 Kabupaten Bekasi sejumlah 24 orang, terdiri dari 14 Laki-laki dan 10 orang perempuan. Tahapan yang dilakukan sesuai dengan prosedur model pembelajaran discovery learning. Kenaikan rata-rata dari hasil belajar pada siklus l ke siklus ll sebesar 33,4%. Penerapan model pembelajaran discovery learning merupakan suatu alternatif untuk dapat membagikan pengetahuan yang nyata dan diharapkan siswa agar lebih aktif di dalam kelas. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan maka penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar.Published
2023-10-26
Versions
- 2024-01-30 (2)
- 2023-10-26 (1)
Issue
Section
Articles