HUBUNGAN PENGUASAAN UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK SWASTA MAJU BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kharisma Ahmad, Sri Ulina Br Ginting, M.Ali Sidiqin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan penguasaan unsur intrinsik cerpen dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Swasta Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas kelas XI SMK Swasta Maju Binjai yang berjumlah 86 orang dengan sampel 24. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Alat pengumpulan data  pada penelitian ini berupa tes objektif pilihan berganda untuk unsur intrinsik cerpen dan untuk kemampuan menulis cerpen berupa tes uraian. Setelah dianalisis, diketahui bahwa nilai yang diperoleh siswa dalam tes penguasaan unsur intrinsik cerpen dalam katagori baik dengan nilai rata-rata siswa 81 sedangkan nilai kemampuan menulis cerpen siswa berada dalam katagori baik dengan nilai rata-rata siswa 71. Sedangkan hubungan (rxy) diperoleh sebesar 0,86 Setelah dikonsultasikan dengan r.tabel tingkat kepercayaan 95% diketahui r. hitung (0,86) > r. tabel (0,279). Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis yang berbunyi “Ada hubungan penguasaan unsur intrinsik cerpen dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Swasta Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020”diterima.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi,Mukhsin. 2008.. Materi Dasar Pengajaran Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Dirjen P2LPTK

Ali, Muhammad. 2001. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung : Angkasa

Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta : Rineka Cipta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Koentjaraningrat. 2001. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : Gramedia

Nugroho, Notosusanto. 1998. Prinsip Dasra Sastra. Bandung : Angkasa

Resmini, Novi dan Juanda, Dadan. 2008. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung : UPI Press

Semi, M Atar. 1999. Rancangan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandung : Angkasa

Sumarjo, Jakob. 2005. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta : Gramedia

Surakhmad, Winarno. 2002. Pengantar Penelitian Ilmiah dasar Metode dan Teknik. Bandung : Tarsito

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta

Suryabrata, Sumardi. 2009. Metode Penelitian.

Jakarta: Rajawali Pers

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara

Syamsuri dan Rusyana. 2002. Pedoman Penelitian Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa

Tarigan, Henry Guntur. 2003. Sekelumit Catatan Mengenai Apresiasi Sastra. Bandung : FKSS

Widodo & Nurchasanah. 2003. Keterampilan Menulis dan Pengajarannya Malang : FS UM

Waluyo, H.J. 2001. Apresiasi dan Pengkajian Prosa Fiksi . Salatiga: Widya Sari Pers

http://pemberianalam.blogspot.com/2012/03/pengertian-teori-sastra-kritik-sastra.html?. Terakhir diakses Tanggal 15 Mei 2014




DOI: https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.257

Refbacks



JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) BUDI DAYA BINJAI 

http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id

prodipbsistkipbudidaya@gmail.com