PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMK SATRIA NUSANTARA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Syafrizal -, M. Ali Sidiqin, Sawaludin Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Audio Visual terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Satria Nusantara Binjai pada kelas X SMK  Satria Nusantara Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dan sampel yang dipilih adalah kelas X SMK yang berjumlah 30 siswa. Kelas yang dijadikan sampel untuk menentukan kelas yang diberi perlakuan (treatment ) menggunakan sistem pembelajaran dengan media Audio Visual. Pada tahap awal digunakan metode ceramah sebelum dikenakan perlakuan (treatment) untuk mengetahui tingkat penguasaan kemampuan menulis teks eksposisi siswa, kemudian tahap selanjutnya kelas eksperimen akan dikenakan perlakuan (treatmen) menggunakan media Audio Visual dalam jangka waktu tertentu.  Kemudian perlakuan tersebut diukur. Disain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest dengan menggunakan metode Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian  eksperimen semu (quasi eksperiment). Penelitian ini melibatkan dua jenis instrumen yaitu tes uraian dan tes menulis eksposisi. Instrumen dalam bentuk tes uraian digunakan untuk mengukur kemampuan dalam penyelesaian soal. Sedangkan instrumen dalam bentuk tes menulis terdiri dari skala pemahaman siswa terhadap kemampuan menulis eksposisi. Dari hasil perhitungan diperoleh = 3,52 Sedangkan   = 2,0399 pada taraf signifikan  = 0,05 dengan derajat kebebasan = 58, Berarti    yang menyatakan  ditolak dan  diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran menggunakan media Audio Visual siswa kelas X SMK Satria Nusantara Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020.


Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2010. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Daryanto.2017. Media Pembelajaran, Bandung: Satu Nusa.

Gibson & Ivancevich & Donnely. 1994. Organisasi dan manajemen. Perilaku, struktur, proses. Edisi keempat. Jakarta: Erlangga.

Keraf Gorys. 1982. Eksposisi dan Deskripsi. Ende: Nusa Indah.

Moeliono, M. Anton, dkk. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Nurgiantoro Burhan, dkk. 2009,Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Rosidi Imron. 2009. Menulis, Siapa Takut. Yogyakarta: Kanisius.

Semi Atar M. 2005. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Suleiman Hamzah Amir. 1985. Media Audio Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan, Jakarta: Gramedia.

Suparno. 1988. Media Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: PT Intan-Pariwara.

Tarigan Guntur Henry. 2007. Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Bandung; Angkasa.

Tarigan Guntur Henry. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wikipedia. Kemampuan, di unduh tanggal 17Maret 2019 pukul 20.00 Wib




DOI: https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.259

Refbacks



JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) BUDI DAYA BINJAI 

http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id

prodipbsistkipbudidaya@gmail.com