PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA MELATI BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rika Manik, Sawaluddin Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Melati Binjai dengan alamat Jalan MT. Haryono No. 314 Kecamatan Binjai Utara. Waktu penelitian adalah pada bulan Oktober 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 80 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. Pada kelas eksperimen digunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) sedangkan kelas kontrol digunakan metode konvensional. jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah pretest posttest two group desain. Desain ini menentukan pengaruh perlakukan dengan hanya membandingkan rata-rata posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol atau kelompok pembanding. Instrumen yang dugunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah tes bentuk uraian, yaitu menugaskan siswa menulis cerpen. Data yang diperoleh menggunakan rumus t adalah : thitung 3,13 pada tingkat kebebasan 78 (n1 + n2 – 2 = 39 + 41 – 2 = 78). Pada baris 78,  thitung adalah 2.00 = 0.05. Hasil ini menunjukkan  bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,13 >2.00. Dengan demikian hipotesis diterima, yaitu : “Terdapat pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap keterampilan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMA Swasta Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran berbasis masalah (PBM) disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi guru bahasa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.

BSNP. Standar Isi. Jakarta : Depertemen Pendidikan Nasional, 2005.

Boen S. Oemarjati. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.

D. Woods. Problem-Based Learning for Professions. Sydney: HERDSA, 1985.

Ibrahim dan Muhammad Nur. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press, 2005.

Karunia Eka Lestari dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama, 2015.

Muslimin Ibrahim, dkk. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press, 2000.

Nawawi, Hadari. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada Press, 2002.

Nurgiyantoro, Burhan. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2007.

Rusyan, Tabrani. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remadja Karya, 2000.

Richard I. Arends. Classroom Instruction and Management. New York : McGraw-Hill, 1997.

S. Burhan. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud, 2001.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana, 2015.

Sudjana, Metoda Statistika. Bandung : Tarsito, 2005.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Semi, M. Atar. 2000. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya Padang, 2000.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

________. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta 63, 2003.

Trianto. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher, 2009.

The Liang Gie. Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty, 2002.

Winarno. Metodelogi Penelitian. Bandung : Tarsito, 2000.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.260

Refbacks



JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) BUDI DAYA BINJAI 

http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id

prodipbsistkipbudidaya@gmail.com