PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA SWADAYA BULU CINA KECAMATAN HAMPARAN PERAK

Authors

  • Nurli Syahputri STKIP Budidaya Binjai
  • Prina Yelli
  • Dewi Rulia Sitepu

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i2.317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh  siswa kelas X SMA Swasta Swadaya Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak. Sampel yang digunakan sebanyak 25 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah one group pre test-post test design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik komputerisasi SPSS untuk dapat melakukan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks anekdot siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran inkuiri hanya sebesar 59,76 dan setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri menjadi 71,12. Nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,25 lenih besar dari 2,05 yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran  inkuiri  terhadap kemampuan menulis teks anekdot  oleh  siswa kelas X SMA Swasta  Swadaya  Bulu  Cina kecamatan hamparan perak

Author Biography

Nurli Syahputri, STKIP Budidaya Binjai

Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrata: Rineka Cipta.

Ekowati, Sri Wahyuni. 2013. “Keefektifan Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi SMAN 1 Waylimaâ€. Jurnal J-Simbol Voleme 7 Nomor 2.

Ginting, Emy Novika Sari. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eklplanasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016â€. Jurnal Sastra Volume 5 Nomor 2.

Harahap, Ummu Atika. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Persuasif oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Barumun Tahun Pembelajaran 2015/2016â€. Jurnal Sastra Volume 5 Nomor 2.

Limbong, Sri Gustina. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Drama Siswa Kelas XI Smk Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016â€. Jurnal Basastra Volume 5 Nomor 1.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

__________. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sujarweni, Wiratna. 2019. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Syaodih, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Kemampuan. Bandung :Angkasa.

Sitepu, Dewi Rulia, 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Tanpa Media Audiovisual Pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Sebagai Unit Terkecil Kehidupan di Kelas XI SMA Swasta Esa Prakarsa T.A 2018/2019. Jurnal Serunai. Vol. 5 (1), hlm. 11-18

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2021-01-19