kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Write Arround Pada Siswa Kelas X SMK Putra Jaya Stabat
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i2.318Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran write aroundpada siswa kelas X SMK Putra Jaya Stabat tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain one shot case study. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks anekdot siswa dengan menggunakan model pembelajaran write arround berada pada tingkat kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 77, dan standar ketuntasan kelas mencapai 78%. Jumlah siswa yang memiliki kemampuan menulis teks anekdot dengan kategori sangat baik sebanyak 8 orang atau 33,3%, yang berada pada kategori baik sebanyak 12 orang atau 50%, yang berada pada kategori cukup sebanyak 2 orang atau 8,3%, yang berada pada kategori kurang sebanyak 2 orang atau 8,3%, dan tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat kurang.References
Astuti, Siwi Puji. 2015. “Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisikaâ€. Jurnal Formatif No. 5 Vol. 1.
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Fatimah, Nuraini. 2013. “Teks Anekdot Sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Bahasa dan Karakter Siswaâ€.Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fitri, Rahayu. 2018. “Perbedaan Penggunaan Pendekatan Kooperatif Tipe Round Table Dan Write Around Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpenâ€. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Volume 4, Nomor 1.
Gulo, sudarman. M. ali Sidiqin. Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Mengggunakan Media Gambar Oleh Siswa Kelas X SMK Swasta YPIS Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal.
Juliansyah, Noor. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Komalasari, Kokom. 2011 . Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.Bandung: PT Refika Aditama.
Kosasih, Engkos. 2016. Cerdas Berbahasa Indonesia: untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Muhammad Fathurrohman. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Nurgiantoro, Burhan. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Pramesty, Fanny Indah. 2017.“Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around Terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas V SDN Di Kecamatan Pakalâ€. Jurnal PGSD, Volume 5 Nomor 3.
Pudjiono Setyawan. tt. Konsep Dasar Menulis. Yogyakarta: Staff Site UNY.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan.Jakarta : Alfabeta.
Suherli, dkk. 2017. Buku Guru: Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Sulasmiana. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 5 Tanjung Punakâ€. Jurnal Online Mahasiswa. Vol. 5, No. 1.
Suprijono, Agus. 2011.Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Tarigan, Henry Guntur. 2017.Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung : Angkasa.
Trianto. 2019. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group