PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (SPK) DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PADANG TUALANG

Authors

  • May Arti Dewi STKIP Budidaya Binjai
  • Jepri Arizal

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i2.319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK) dalam menulis teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Tualang. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 1 Padang Tualang yang berlokasi di Jalan Besar Batang Serangan Tanjung Putus Padang Tualang  Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang berguna untuk menerapkan bagaimana strategi pembelajaran kooperatif (SPK) dalam menulis teks prosedur oleh siswa kelas XI. Penelitian kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut atau perspektif partisipan. Instrumen dalam penelitian ini adalah Lembar  pengamatan aktivitas guru dan siswa, Tes Hasil Belajar (THB) dan Angket Respon Siswa (Kuisioner). Hasil dari penelitian ini bahwa Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK) dalam menulis teks prosedur yang telah dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Padang Tualang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia.  Hasil belajar siswa dapat terlihat Nilai rata-rata kelas hasil evaluasi akhir pertemuan II sebesar 78 naik sebesar 14 poin dari nilai rata-rata kelas pada pertemuan I sebesar 63,89. Sedangkan presentase ketuntasan belajar pada pertemuan II sebesar 89% naik 36% dari presentase ketuntasan belajar pada pertemuan I sebesar 52,77%.

Author Biography

May Arti Dewi, STKIP Budidaya Binjai

Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Abbas, Saleh, 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif, Jakarta : Depdiknas.

Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi, 1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas tinggi. Jakarta : Depdikbut.

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Azizah, S.Pd di SMA Negeri 1 Padang Tualang pada tanggal 3 Februari 2020.

Donn, Byrne. 2008. Teaching Writing Skill. London : Longmans.

Hamalik, Oemar, 1990. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito.

KBBI 2003. (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Jakarta : Depdiknas.

Sanjaya, Wina, 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suwandi, Basrowi. 2011. Memahami Penilaian lkuantitatif, Jakarta, Rineka Cipta.

Slameto, 1998. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Tarigan, H. Guntur, 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2021-01-19