PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA DALAM MEMAHAMI WACANA DENGAN TEKNIK BACA SKIMMING OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA BINA TARUNA

Authors

  • Devi Apriyanti Batubara STKIP Budidaya Binjai
  • Prina Yelli
  • Juliantina MS

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i2.320

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui Peningkatan Kecepatan Membaca dalam Memahami Wacana Dengan Teknik Baca Skimming Oleh Siswa Kelas VII SMP Swasta Bina. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif didukung kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini menggunakan desain teknik Penelitian Tindakan Kelas, dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Bina Tarun dan objeknya kelas VII berjumlah 10 siswa. Hasil dari pemahaman siswa mengalami peningkatan sebesar 12,5% dari prasiklus ke siklus I, kemudian 6,3% dari siklus I ke siklus II dan 18,8 % dari prasiklus ke siklus II. Peningkatan kemampuan membaca cepat siswa dapat dilihat dari hasil tes kecepatan membaca pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Hasil kecepatan membaca yaitu 17,3% dari prasiklus ke siklus I. Kemudian siklus I ke siklus II mengalami peningkatan kecepatan membaca siswa sebesar 18,3% dan Peningkatan kecepatan membaca dari prasiklus ke siklus II yaitu 41,6%.

Author Biography

Devi Apriyanti Batubara, STKIP Budidaya Binjai

Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Mariyani, Lusy, Meningkatkan Motorik HalusAnak dalam Kegiatan Melipat Menggunakan Metode Demostrasi di TK Siwi Peni I Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun, Jurnal CARE,5 (1), 11-21.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurhadi. 2013. Membaca Cepat dan Efektif, Bandung: Sinar Baru.

Rusminto. Nurlaksana, Eko 2010. Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Bandar Lampung : FKIP Univertsitas Lampung.

Pamuji, Deni Satyo (2017). Kemampuan Membaca Cepat dengan Metode Skimming Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Merlung Tahun Ajaran 2016/2017, Pena, 75(2), 70-83

Patiung, Dahlia. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al-Daulah, 5(1), 252-376.

Simanjuntak, Pantas. 2012, Tata Tulis Laporan, Medan: USU Press

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta

Arikunto,Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Published

2021-01-19