P E N I N GK A T AN H AS I L B E LA J A R SI S W A D A LAM M E N U L I S KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA BINA TARUNA
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.456Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Swasta Bina Taruna Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2020/2021 melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan sample penelitian siswa kelas VII SMP Swasta Bina Taruna yang berjumlah 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian menulis karangan deskripsi siswa. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata deskripsi siswa pada tahap pratindakan dengan pascatindakan. Skor rata-rata menulis deskripsi siswa sebelum diberi tindakan adalah 57,2, setelah diberi tindakan pada akhir siklus I skor rata-rata menjadi 68,45. Skor rata-rata menulis deskripsi siswa pada akhir siklus II, yaitu 82,3. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan.References
Aljatila, La Ode Rahim. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Kulisusu Barat. Jurnal Humanika. 3(5), 2).
Anggun. (2017). Hubungan Kemampuan Berfikir dengan Kemampuan Menulis. Jurnal Teknik Informatika. 1(3), 249.
Ekasari, Dia. 2020. Kemampuan Menulis Teks Deskrpsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sindue melalui Metode Min Mapping. Jurnal Bahasa dan Sastra. 5(3).
Jamal, Sherlina. (2018). “Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Pengamatan Langsung Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminangsa Kabupaten Gowaâ€. Jurna Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaâ€. 3-6.
Khumairo, Sania, dkk. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Strategi Pembelajaran Akif Tipe Rotating Trio Exchange di Sekolah Dasar. Jurnal FKIP. 2017.2.
Liasna, Tanita dan Syafri, Amin. (2014). “Peningkatan Kemampuan Menulis
Surat Dinas dengan Metode Copy The Master Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Salapian Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2013/2014â€. Jurnal Serunai Indonesia. 5(11).1.
Mahmud, M.2017. Upaya Meningktkan Keterampilan Menulis dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang Lombok Tengan Tahu Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan.1(2).35.
Putra, Romanda Pratama,dkk. 2018. “Pembelajaran Menulis Teks Deskrpsi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampungâ€. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya).2.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung:Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto, dkk. (2015). “Penelitian Tindakan Kelasâ€. Jakarta: PT. Bumi Aksara.







