PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN VIDEO YOUTUBE PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KARYA KARTINI
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.457Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks berita menggunakan media video youtube pada siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Kartini.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru (peneliti) untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil dengan mengubah cara, metode, pendekatan atau teknis yang berbeda dari biasanya. subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Kartini yang berjumlah 16 siswa. objek penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan media video youtube CNN Indonesia pada kegiatan pembelajaran menulis teks berita.Hasil pengelolaan data ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita menggunakan media video youtube mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada hasil tes yang dilakukan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan pada kelas VIII SMP Swasta karya kartini. Pada hasil tes di siklus I nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa ialah 66.5.sedangkan hasil nilai rata-rata yang dicapai pada siklus II ialah 80.6. Dalam presentasi peningkatan tes menulis teks berita siklus I dan siklus II 20.4%. Hal ini menunjukkan antara hasil tes pada siklus I dan pada silus II terjadi peningkatan.Peningkatan nilai rata-rata ini membuktikan keberhasilan pembelajaran menulis teks berita menggunakan media video youtube.Saran dalam penelitian ini adalah untuk menjadikan pembelajaran menggunakan media video youtube  sebagai alternatif pembelajaran yang dapat dilaksanakan sebagai upaya membantu siswa memahami materi pembelajaran menulis teks berita.References
Arikunto,Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta
:Rineka Cipta.
Elvi Syahraini, 2014.Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 4 Tambang Kabupaten Kampar. 2.2 .87-100
Dalman. 2015.keterampilan menulis.Jakarta: Rajawali.
Kamisa. 1997.Kamus lengkap bahasa Indonesia. Surabaya:Kartika.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Sri Maryani dan Martha Nengah, Dkk. 2013.Jurnalistik Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Smpn 4 Soromadi Kabupaten Bima Ntb. Indonesia : Universitas Pendidikan Ganesha.
Sinansari Ecip, dkk, 2017.Teknik Mencari Dan Menulis Berita. Tanggerang Selatan: CV Karya Indonesia.
Wiraatmadja Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wiraatmadja Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sitepu,DR. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Tanpa Media Audiovisual Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Sebagai Unit Terkecil Kehidupan Di Kelas XI SMA Swasta Esa Prakarsa T.A 2018/2019.Binjai: Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(1),19.







