KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK DALAM NOVEL ASSALAMUALAIKUM BEIJING KARYA ASMA NADIA

Authors

  • M Ali Sidiqin STKIP Budidaya Binjai
  • Sri Ulina Beru Ginting

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.458

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari kemampuan menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia oleh siswa kelas XI SMA Swasta Melati Binjai tahun pembelajaran 2020/2021. Selain itu untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami dan menerapkan unsur intrinsik dan ekstrinsik pada novel Indonesia yang terdapat pada KD 7.2 di dalam KTSP SMA kelas XI. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskripsi kualitatif, Populasi pada penelitian ini adalah 22 siswa, yang terdiri dari 1 kelas yaitu XI-IPA, yang dijadikan sampel adalah seluruh jumlah populasi dari jumlah siswa yaitu 22 siswa. Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan kriteria dalam penskoran kemampuan menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik novel oleh siswa. Hasil analisis data menunjukan kemampuan menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia oleh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Melati Binjai tahun pembelajaran 2017/2018 berada pada klasifikasi baik dan persentase daya serap mencapai 73%, yaitu terdapat pada kriteria sedang.Selain itu siswa juga mempunyai kelebihan dalam aktif berbicara dan berpendapat karena siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi. Siswa juga memiliki rasa percaya diri untuk bertanya kepada guru jika siswa tidak mengerti tentang materi yang telah disampaikan. Perlu adanya peningkatan lagi proses pembelajaran siswa belajarnya pada pembelajaran menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik novel terutama pada siswa kelas XI agar dapat terus meningkatkan kualitas supaya menjadi lebih baik lagi.

Author Biography

M Ali Sidiqin, STKIP Budidaya Binjai

Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Ambarita, Biner. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Anonim. 2016. UndangUndang Republik Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departmen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Arikunto, Suharsimi .2003. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Budianta. 2006. Membaca Sastra (Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi). Magelang: Indonesia Tera.

Djibran, Fand. 2008. Writing Is Amazing. Yogyakarta: Juxtapose.

Fananie, Zainuddin. 2002. Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Guntur, Hendry T. 1993. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Keraf, Gorys. 2004. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nadia, Asma. 2013. Assalamualaikum Beijing. Jakarta: Noura Books.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahmanto. 1998. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Sayuti, Suminto A. 1997. Apresiasi Prosa Fiksi. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Menengah.

Semi, Atar. 1993. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroto. 1989. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Tim Penyusun. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2021-11-17