PERANAN GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING SMA SWASTA SWAKARYA BINJAI

Authors

  • Fheti Wulandari Lubis STKIP Budidaya Binjai
  • Dewi Rulia Sitepu stkip budidaya
  • Susi Susanti

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.461

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru Bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis cerpen dengan model Experiential Learning SMA Swasta Swakarya Binjai sebanyak 1, guru Bahasa Indonesia. Sedangkan sampelnya terdapat sebanyak 1 guru Bahasa Indonesia. Instrument penelitian ini adalah tes uraian yang digunakan untuk mengukur kemampuan menulis cerpen dengan angket guru. Hipotesis yang dapat diajukan adalah guru Bahasa Indonesia sangat berperan dalam kemampuan menulis  cerpen dengan mengunakan model Experiential Learning SMA Swasta Swakarya Binjai tahun pembelajaran 2020/2021. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kuantitatif, metode deskriptif merupakan suatu prosedur untuk memecahkan masalah yang diselidiki dengan mengambarkan fakta-fakta yang ada di lapangan. Hasil penelitian adalah terdapat peranan guru Bahasa Indonesia dalam peranan guru Bahasa Indonesia model Experiential Learning SMA Swasta Swakarya Binjai. yang ditunjukan dengan nilai mampu 38,70 % sangat mampu 29, 33% sangat tidak mampu 9, 30% tidak mampu 13,25% dengan demikian hasil penelitian ini menyatakan kemampuan menulis cerpen dalam peranan guru Bahasa Indonesia dengan model Experiential Learning di SMA Swasta Swakarya Binjai. Berada dalam kategori baik dibandingkan dengan tanpa mengunakan model Experiential Learning.

Author Biography

Fheti Wulandari Lubis, STKIP Budidaya Binjai

Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Darma, 1999. Prosedur. Penelitian Cerpen Sastra Indonesia Kontemporer. Medan : Graha Ilmu.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2008).

Faturohman, Muhammad. 1984. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hery Guntur Tarigan, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan, (Bandung Angkasa, 2006).

https:// yuvalinda. Com/ pengertian-penelitian/

Indra, Sakti. 2011. Korelasi Pengetahuan alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik. Siswa Di SMA Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, vol, lx. Vol. 1.

Kolb, David. 1984. Experiential Learning Model Pembeajaran Inovatif. Jokjakarta : Ar-Ruzz Media.

Munadi, Yudha. 2018. Media Pembelajaran. Sebuah Pendekatan baru. Jakarta : gaung persada press.

Purba, Antilan. 2018. Sastra Indonesia Kontemporer. Medan : Graha Ilmu.

Shoimin, Aris. 2017. 77. model pembelajaran inovatif dalam kumpulan 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2015.

Stage 1 : problem Indetification dari https : // www. Atap.gov. Qu/ Framewok/ problem- Indentification-assessmet/ 2. stage-1- Indentification. Ask.

Sugiono, 2014. cara mudah menyusun Skripsi, tesis, dan disertai. Bandung : Alkabeta.

Sumardjo, 1984. Prosedur Penelitian Unsur Cerpen Sastra Indonesia Kontemporer. Medan : Graha Ilmu.

Downloads

Published

2021-11-17