KEMAMPUAN MENGANALISIS NILAI-NILAI “PUTRI KEMUNING” OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA PAB 5 KELUMPANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menganalisis nilai-nilai “Putri Kemuning” oleh siswa kelas X SMA Swasta PAB 5 Kelumpang. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menganalisis nilai-nilai hikayat Putri Kemuning secara keseluruhan mencapai nilai rata-rata sebesar 49,14 dengan kategori sangat kurang. Kemampuan siswa dalam menganalisis nilai budaya hikayat Putri Kemuning mencapai nilai rata-rata sebesar 9,66 dengan kategori sangat baik, kemampuan siswa dalam menganalisis nilai moral hikayat Putri Kemuning mencapai nilai rata-rata sebesar 13,97 dengan kategori sangat kurang, kemampuan siswa dalam menganalisis nilai sosial hikayat Putri Kemuning mencapai nilai rata-rata sebesar 13,45 dengan kategori sangat kurang, kemampuan siswa dalam menganalisis nilai edukasi hikayat Putri Kemuning mencapai nilai rata-rata sebesar 75,9 dengan kategori sangat baik, kemampuan siswa dalam menganalisis nilai estetika hikayat Putri Kemuning mencapai nilai rata-rata sebesar 4,48 dengan kategori sangat kurang.
Kata Kunci: Analisis, Nilai-nilai, Putri Kemuning.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrata: Rineka Cipta.
Astuti, Siwi Puji. 2017. “Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika”. Jurnal Formatif. Vol. 5 (1).
Dirmawati. 2018. “Nilai-Nilai Dalam Hikayat Sabai Nan Aluih Karya Tulis Sutan Sati Dan Skenario Pembelajarannya Di Kelas X SMA IT Wahdah Islamiah Makassar”. Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57. ISBN 978-602-5554-35-3
Kosasih, E. 2012. Jenis-jenis Teks (Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya). Bandung: Yrama Widya.
Pertiwi, Hidayati Panca. 2009. Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Prisma Press.
Rahmi, A. 2019. “Pengokohan Fungsi Keluarga Sebagai Upaya Preventif Terjadinya Degradasi Moral Pada Remaja”. Jurnal Al-Taujih. Vol. 5 (1).
Ranalisis, Della Maretha. 2019. “Unsur Inrinsik dan Ekstrinsik dalam Cerita Hikayat Karya Yulita Fitriana dan Aplikasinya sebagai Bahan Ajar Kelas X SMK Priority”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4 (1).
Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Penulis.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kemdikbud.
DOI: https://doi.org/10.37755/jsbi.v19i2.645
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) BUDI DAYA BINJAI
http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id
prodipbsistkipbudidaya@gmail.com