Peningkatan Kemampuan Menganalisis Kebahasaan Teks Laporan Hasil Pbservasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Erlangga

Rosmeri Saragih - sarahih, resmi - resmi, fheti wulandari lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan  menggunakan media pembelajaran discovery learning pada pembelajaran siswa kelas X di SMA Swasta Erlangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi yang bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh antara kedua variabel yang diteliti. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes uraian. Selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan rumus Deskripsi Korelasi Product Moment. Setelah memperoleh hasil analisis data penelitian, maka selanjutnya dilakukan pembuktian hipotesis untuk mengetahui apakah hipotesis diterima kebenarannya atau ditolak dengan menggunakan uji tes (uji “t”). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data terbukti bahwa nilai r sebesar 0.73 yang berarti tergolong korelasi tinggi. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung sebasar4,72 dan jika dikonsultasikan dengan tabel distribusi t diperoleh harga ttabel sebesar 1,98 maka thitung > ttabel. Hal ini membuktikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya penggunaan media pembelajaran discovery learning efektif dan berpengaruh terhadap kemampuan menganalisis kebahasaan tek laporan hasil observasi yang berarti terdapat peningkatan kemampuan menganalisis kebahasaan tek laporan hasil observasi dengan  menggunakan media pembelajaran discovery learning pada pembelajaran siswa kelas x di SMA Swasta Erlangga

 

Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan, Kebahasaan, Discovery Learning

ABSTRACT

 

This study aims to find out how to improve the ability to analyze the linguistics of the observational report text using discovery learning learning media in the learning of class X students at Erlangga Private High School. The method used in this study is a descriptive correlation method which aims to see whether there is an influence between the two variables studied. The data collection instrument in this study was to use a description test. Furthermore, the analysis is carried out using the Product Moment Correlation Description formula. After obtaining the results of the research data analysis, the next step is to prove the hypothesis to find out whether the hypothesis is accepted or rejected by using a test test ("t" test). Based on the results of research and data analysis, it is proven that the r value is 0.73 which means that it is classified as high correlation. Furthermore, the results of hypothesis testing obtained tcount of 4.72 and if consulted with the t distribution table, the t-table value was 1.98, then tcount > ttable. This proves that Ha is accepted and H0 is rejected. This means that the use of discovery learning learning media is effective and has an effect on the ability to analyze the linguistics of the observational report text, which means that there is an increase in the ability to analyze the linguistics of the observational report text using discovery learning learning media in class x student learning at Erlangga Private High School.

 

Keywords: Ability Improvement, Language, Discovery Learning  

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrata: Rineka Cipta.

Astuti, Siwi Puji. 2011. Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif Vol. 5 No.1.

Efendi, Ahmad. 2008. Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta : Tiara Wacana.

Hamdani. 2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hartati, Sri.2020. Peningkatan Efektifitas Belajar dan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Inspiratif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Discovery Learning pada Siswa Kelas IX Semester 2 SMP N 1 teras. Jurnal Varindika, Vol. 33, No.1, 2021 https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/15312/6814

Kemendikbud. 2011. Kamus bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta: Kemendikbud.

KosasihiEngkos. 2014. Jenis-Jenis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

Imam, Agus Basuki dkk. Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Jurnal Pendidikan , Vol. 3. No. 12, 2018

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11791

Khasanah, Umul. 2019. “Identifikasi Kompetensi Dan Performansi Dalam Karangan Berbahasa Jepang”. Jurnal Paramasastra Vol. 6 No. 1.

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Poerwadarminta. 2011. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Pribadi, Benny. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Santoso, Ananda dan S. Priyanto. 2010. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2016.

Poerwadarminta. 2011. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Pribadi, Benny. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiarti. 2018. Penggunaan Video Berbasis Teks Dan Keranjang Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menganalisis Aspek Kebahasaan Laporan Hasil Observasi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Volume 4, Nomor 2. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/7118

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung : Alfabeta.

Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia - Studi dan Pengajaran. Jakarta : Kemdikbud.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsbi.v19i2.647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) BUDI DAYA BINJAI 

http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id

prodipbsistkipbudidaya@gmail.com