Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerita Inspiratif di Kelas IX MTs Binaul Iman Karangsari

Berlian Romanus Turnip, Netti Marini, Lili Tansliova

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media audio visual daam pembelajaran menulis cerita inspiratif di kelas IX MTs Binaul Iman Karangsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi yang bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh antara kedua variabel yang diteliti. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes uraian. Selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan rumus Deskripsi Korelasi Product Moment. Setelah memperoleh hasil analisis data penelitian, maka selanjutnya dilakukan pembuktian hipotesis untuk mengetahui apakah hipotesis diterima kebenarannya atau ditolak dengan menggunakan uji tes (uji “t”). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data terbukti bahwa nilai r sebesar 0.71 yang berarti tergolong korelasi tinggi. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung sebasar 7,31 dan jika dikonsultasikan dengan tabel distribusi t diperoleh harga ttabel sebesar 2,00 maka thitung > ttabel. Hal ini membuktikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya pemanfaatan  Media Audio Visual memiliki pengaruh terhadap Pembelajaran Menulis Cerita Inspiratif di Kelas IX MTs Binaul Iman Karangsari.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37755/jsbi.v19i2.649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) BUDI DAYA BINJAI 

http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id

prodipbsistkipbudidaya@gmail.com