PENGARUH STRATEGI BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS XI SMK SWASTA YPIS MAJU BINJAI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Sri Kurnia Hastuti Sebayang STKIP Budidaya
  • Milfa Yetti STAI Al-Islaiyah
  • Desi Eka Sari STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbi.v19i2.681

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi berbasis masalah terhadap kemampuan menulis cerita pendek oleh siswa kelas XI SMK Swasta YPIS Maju Binjai tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode experimen dan desain yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Instrumen penelitian ini menggunakan tes uraian menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi berbasis masalah terhadap kemampuan menulis cerita pendek oleh siswa kelas XI SMK Swasta YPIS Maju Binjai tahun pelajaran 2021/2022. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dengan keputusan menerima hipotesis yang diajukan. Selain itu, terdapat peningkatan nilai rata-rata kemampuan menulis cerpen siswa, yang semula pada hasil pretest sebesar 65,6 dengan kategori cukup meningkat pada hasil postest sebesar 71,13 dengan kategori baik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Silvya Mega. 2018. “Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI SMK Citra Pembaharuanâ€. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1 (6).

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kosasih, E. 2004. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Ryama Widya.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Aruzz Media.

Sudijono Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Suherli, dkk. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kemendikbud.

Downloads

Published

2022-10-24