EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA ERLANGGA PEMATANGSIANTAR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbi.v20i1.789

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan kemampuan menyusun teks prosedur antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media gambar dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media gambar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan media gambar dalam pembelajaran menulis teks prosedur dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media gambar pada siswa kelas XI SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan menggunakan rancangan The Randomized Posttest Only Control Group . Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangandesain pretest-posttest kelompok kontrol . Variabel dalam penelitian ini adalah dua, yaitu variabel bebas berupa media gambar dan variabel terikat berupa kemampuan menulis teka-teki prosedur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI 2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks prosedur. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgment. Penghitungan data dengan menggunakan teknik uji-t. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks prosedur yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media gambar pada siswa kelas XI SMA Swsta Erlangga Pematangsiantar. Hal ini cenderung terlihat dari uji-t bahwa nilai akhir kelompok uji dan kelompok acuan mendapat nilai p 0,002 sehingga p < 0,05 tingkat kepentingan yang berarti kritis. Kedua , media gambar terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks dengan pembelajaran menulis teks prosedur tanpa menggunakan media gambar siswa kelas XI SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar.                                                                                                                 Kata Kunci : Media Gambar, Menulis Teks Prosedur .

References

Dalman. Keterampilan Menulis. 2014. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013 c. Informasi Kurikulum 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Jemmy, Azet. 2018. Keeksistensian Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional dan Ilmu Pengetahuan pada Era Globalisasi. Vol 5 (2): 71-82

Nafri, Yanti. 2018. Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilab Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Bengkulu. Vol II, no 1

Siti, Sahdi’yah. 2014. Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Belajar Diri Sendiri Siswa Kelas II SD Islam. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. Vol 2 no 3.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) Bandung: Alfabta.

Wiratmajaya. I Gst. Ngurah Adi. Dkk. 2015. Penggunaan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X Akuntansi A SMK Negeri 1 Singaraja, e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Vol. 3 (1)

Yanto, Budhianto. 2018. Pembelajaran Bahasa Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah. Vol. 13, no 2.

Yuswanti. 2018. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajarn Siswa Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggalan. Jurnal Kreatif Tadulako. Vol. 3 (4)

Zaenudin. Teguh. 2014. Keefektifan Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Mengarang Deskripsi di Sekolah Dasar. Jurnal Metafora. Vol. 1(1)

Downloads

Published

2023-05-04