KETERAMPILAN BERBAHASA DAN PERILAKU SOSIAL SISWA TUNALARAS DI SLB MELATI MEDAN TEMBUNG

KETERAMPILAN BERBAHASA DAN PERILAKU SOSIAL SISWA TUNALARAS DI SLB MELATI MEDAN TEMBUNG

Authors

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek keterampilan berbahasa dan perilaku sosial siswa tunalaras di SLB Melati Medan Tembung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu siswa tunalaras, kepala sekolah, dan guru kelas sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian berupa identifikasi aspek-aspek keterampilan berbahasa dan perilaku sosial anak tunalaras. Siswa tunalaras memiliki keterampilan berbahasa yang cukup baik setelah dilakukan beberapa strategi pembelajaran untuk melatih aspek keterampilan berbahasa mereka khususnya keterampilan menyimak dan berbicara agar lebih baik. Sebagian siswa tunalaras mampu menunjukkan perilaku sosial kerjasama dalam bentuk belajar bersama. Perilaku lainnya yaitu simpati, tidak mementingkan diri sendiri, berusaha menjadi yang terbaik, perilaku kelekatan, persaingan, hasratpenerimaan sosial, kemurahan hati, dan sikap ramah. Siswa tunalaras akan cepat emosi jika ada reaksi lingkungan yang berhubungan dengan dirinya. Namun mereka mampu menunjukkan perilaku kerjasama yang baik, perilaku ketergantungan, hasrat penerimaan sosial, simpati, kemurahan hati, dan sikap tidak mementingkan diri sendiri. Kata Kunci: keterampilan berbahasa, perilaku sosial, siswa tunalaras

Author Biography

fheti wulandari lubis, STKIP BUDIDAYA

PENGIRIMAN ARTIKEL DILAKUKAN OLEH PENULIS 2. HAL INI DILAKUKAN KARENA PENULIS SATU ADA PEKERJAAN

Downloads

Published

2023-10-30 — Updated on 2023-11-08

Versions