PENERAPAN TEKNIK HYPNOTEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIS DAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA

Authors

  • Lilis Saputri Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri. Peneliti ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian pretest and post-test control group design. Populasi adalah siswa kelas X SMK Putra Anda Binjai, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas. Sampel pada kelompok eksperimen berjumlah 23 orang. Data dalam kelompok kontrol berjumlah 23 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji regresi rederhana. Tes yang digunakan tes kemampuan berpikir kreatif yang dinyatakan validitor dan siswa data valid . dengan data normalitas 8,83 normal, data homogenitas 0,917 Homogen, dan data hipotesis 0,925 normal. Dengan rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran adalah 67,56 dan 68,41. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-r, setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai r_hitung kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen adalah 0,925 sedangkan r_tabel 0,396, Pengujian hipotesis dalam uji-r juga dilakukan perhitungan diperoleh nilai r_hitung kepercayaan diri siswa kelas eksperimen adalah 0,907 sedangkan r_tabel 0,396. Maka dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaaan diri pada materi SPLDV dikelas X SMK Putra Anda Binjai.
  • Mardiati Mardiati STKIP Budidaya

Keywords:

Hypnoteaching technique, Mathematical learning outcomes, Learning activities

Abstract

This study aims to explore the implementation of the Hypnoteaching technique to enhance student learning outcomes and activity in the topic of Systems of Linear Equations in Two Variables (SPLDV). This research is a quasi-experimental study using a one-group pretest-posttest design. The results show that the application of Hypnoteaching has a positive effect on improving student learning outcomes. A total of 87.5% of students achieved learning mastery with scores above 65. The achievement of learning indicators related to SPLDV showed varying success, with the indicator of recognizing SPLDV reaching 97%, while the indicators for solving SPLDV using the graphical and substitution methods still require further reinforcement. Student activity also improved, with an average achievement of 76.4%, indicating good progress in student engagement. Overall, the implementation of Hypnoteaching was effective in creating a dynamic learning atmosphere and supporting a deeper learning process. However, some aspects, such as applying SPLDV in real-life contexts, still require strengthening to help students connect mathematical concepts with everyday situations. This study suggests the use of problem-based learning approaches to further enhance students' understanding in applying mathematical concepts to the real world.

References

Abdurakhman, O., & Rusli, R. K. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.30997/dt.v2i1.302

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (VI). Pt. Rineka Cipta.

Hm, M. A. (2019). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 469–480. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.106

Huda, M., Fawaid, A., & Slamet, S. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 64–72. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.291

Hudoyo, H. (1983). Teori Belajar Untuk Pengajaran Matematika. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Nurdiniah, S. (2024). Langkah-langkah Partisipasi Guru dalam Pendekatan Pembelajaran Aktif di Muslimeen Suksa School, Thailand. Karimah Tauhid, 3(8), 8581–8598. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14890

Nurkancana, W. (1992). Evaluasi Hasil Belajar. PT. Usaha Nasional.

Safari, Y., & Inayah, Y. (2024). Penerapan Teori Bruner Dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Kurikulum Merdeka. Seroja: Jurnal Pendidikan, 3(1), 156–164. https://doi.org/10.572349/seroja.v3i1.1815

Saputri, L. (2020). Peningkatan Self Confidence Mahasiswa Prodi Prndidikan Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di STKIP Budidaya. In Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan (Vol. 6, Issue 1).

Saputri, L., & Sari, D. P. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Budidaya Press.

Sari, D. T., Aula, A. W., Nugraheni, V. A., Dina, Z. K., & Romdhoni, W. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa SD Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 82–96.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Cetakan ke). PT. Gramedia.

Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. PT. Rajawali Pers.

Wahid, J., & Astuti, R. J. (2020). Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Otak Peserta Didik. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 2(1), 67–97. https://doi.org/10.47467/reslaj.v2i1.136

Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M., Zanthy, L. S., Wahnyuni, M., Irham, M., & Akmal, N. (2021). Problematika pembelajaran matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Saputri, L., & Mardiati, M. (2024). PENERAPAN TEKNIK HYPNOTEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIS DAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2). Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1525