PENGEMBANGAN MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMKS HARAPAN STABAT

Penulis

  • publikasi budidaya binjai STKIP Budidaya
  • Diana Sri Astuti

Kata Kunci:

model kepemimpinan, kepala sekolah, mutu pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengembangan model kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di SMKS Harapan Stabat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development berdasarkan model Borg & Gall. Validasi model kepemimpinan kepala sekolah dilakukan oleh dua pakar yang memiliki keahlian di bidang pengembangan model kepemimpinan dan seorang kepala sekolah sebagai praktisi. Instrumen pengumpulan data meliputi kuesioner untuk validasi ahli, kuesioner validasi praktisi, serta pedoman focus group discussion (FGD). Teknik analisis data yang diterapkan berupa analisis deskriptif kuantitatif dengan metode kategorisasi. Dari hasil validasi, para ahli memberikan rata-rata penilaian sebesar 89,45% (kategori baik), sedangkan praktisi memberikan rata-rata penilaian sebesar 82,81%, (kategori baik). Berdasarkan penelitian ini, pengembangan model kepemimpinan kepala sekolah di SMKS Harapan Stabat dinilai efektif dan layak diterapkan, dengan beberapa revisi yang direkomendasikan.

Biografi Penulis

publikasi budidaya binjai, STKIP Budidaya

Administrasi Pendidikan

Referensi

Bord, W.R and Gall, M.D. (2003). Educational Research: An Introduction 4th Edition. London: Longman Inc.s

Djafri, Novvianty. (2016). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama

Djalal, Dino Patti. (2007). Harus Bisa, Seni Mempin Ala SBY. Jakarta: R&W.

Fadhli, Muhammad. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, Vol. 1, No. 02

Hadis, A. dan Nurhayati. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabetha

Hidayat, Rais. Patras, Yuyun Elizabeth. Analisis Prilaku Kepemimpinan Kependidikan Kepala Sekolah Di Indonesia. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Vol. 4, No. 3, Hal. 220-238

Hamidah. D,. (2020). Kebijakan Pendidikan Dalam Kebijakan Publik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol 9, No. 1,

La Ode Mane Mbeu, Anwar. (2011). Pengembangan Model Kepemimpinan Kepala Sekolh yang Efektif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.17, Nomor 2

Mulyasa. (2016). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

O’Neil, J. William. (2006). Successful Business Leaders. Jakarta: Buahan Ilmu Populer

Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah

Sallis, Edward. (2008). Total Quality Management in Education: Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ircisod

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-28

Cara Mengutip

binjai, H., & Sri Astuti, D. (2024). PENGEMBANGAN MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMKS HARAPAN STABAT. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2). Diambil dari https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1556