PEMBELAJARAN REFLEKTIF : UPAYA PROBLEM SOLVING BERBASIS PENGALAMAN DALAM PEMBELAJARAN TINGKAT MTs SWASTA

Penulis

  • Sukma Erni UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ellya Roza UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Cut Raudhatul Miski UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Afrida Afrida UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rifqi Romadhona Universitas Satya Terra Bhinneka

Kata Kunci:

Refleksi Pembelajar, Problem Solving, Pembelajaran Berbasis Pengalaman

Abstrak

Riset ini bertujuan untuk melihat bagaimana  guru merefleksikan pembelajaran di madrasah swasta dengan segala kekurangan yang dimiliki. Situasi pembelajaran di madarsah swasta yang minim fasilitas dan dukungan finansial sering sekai menjadi dilemma untuk memacu proses pembelajaran professional.  Dampaknya guru lebih fokus pada pemberian materi dengan cara konvensional. Riset ini melibatkan 30 orang guru partisipan dari 4 madrasah swasta, data diperoleh dengan mengisi questioner ringan  dan wawancara. Temuan penelitian menegaskan bahwa kendati dikelilingi keterbatasan guru-guru MTs Swasta  tetap mengekspresikan diri sebagai guru berkualitas, menjadikan fenomena pembelajaran yang diperoleh dalam kelas sebagai bahan pengembangan pembelajaran yang mendatangkan keasyikan dalam mengajar. Simpulan penelitian menegaskan pembelajaran di madrasah swasta yang tidak banyak mendapat dukungan tetap berjalan dengan baik mendidik siswa menjadi sumberdaya kuat

Referensi

Buku:

Anne Brockbank and Ian McGill. (2007). Facilitating Reflevtive Learning in Higher Education, Second edition. England: Society for Research into Higher Education and Open University Press McGraw Hill.

Creswell, J. W. (2022). Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach, Second Edition.

Dewey, J. (1933). How We Think, A Restatement of The Relation of Reflective Thinking to the Educative process. Chichago: Gateway Edidition Published by Hendry Regnery Company.

Ian Rushton and Martin Suter. (2012). Reflective Practice for Teaching in Lifelong Learning. New York: McGraw Hill Open University Press.

Loughran, J. (1996). Developing Reflective Practice: Learning about Teaching and Learning through Modelling. Washington DC: Falmer Press.

Sicora, A. (2017). Reflective Practice and Learning from Mistakes in Social Work. Chicago: Policy ress.

Jurnal:

Abdi, A. (2014). The Effect of Inquiry-based Learning Method on Students’ Academic Achievement in Science Course. Universal Journal of Educational Research 2(1): 37-41, 2014, 37.

Arini Setyawati, Novisita Ratu. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 05, No. 03, November2021, 2941-2953.

Balım, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, Issue 35, Spring 2009, 1-20, 1.

Charles Henderson, Andrea Beach and Noah Finkelstein. (2011). Facilitating Change in Undergraduate STEM Instructional Practices:. JOURNAL OF RESEARCH IN SCIENCE TEACHING, 1.

Dr. Manpan Drajat, M. (2018). Sejarah Madrasah di Indonesia. al-Afkar,Journal for Islamic Studies, 196-206.

Haleigh Machost and Marilyne Stains. (2023). Reflective Practices in Education: A Primer for Practitioners. CBE—Life Sciences Education, 2.

Jalal, N. M. (2020). Kecemasan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika (Student Anxiety in Mathematics Subjects). J-PiMat VOL 2 No.2 November 2020, 256-264.

Julia Kurniasih, Buntoro Irawan, Dina Yulina Heriyani, Dian Tiara Rezalti. (2024). Inklusi Pembelajaran Reflektif dan Berpikir Kritis Untuk Peningkatan Literasi Digital Masyarakat. Jurnal Pengabdian KBP Vol. 02, No. 02, Jun, 195.

Kompas.com. (30 Oktober 2024). Polemik Kriminalisasi Guru dan Pendidik. Jakarta: Kompas.com.

Marisalia, Faisal Adnan Reza, Annisa Fitriani. (2024). Sulit Mengungkapkan Emosi: Kecerdasan Emosi dan Attachment Style dengan Alexithymia pada Gnenerasi. Jurnal Psikologi Prima, 2.

Muh. Arif, Mohammad Saro'i, Asfahani, Mariana,Opan Arifudin. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digita. Global education Journal, 73.

Muhammad Ali Hanifah, Leni Masnidar Nasution, Khairuddin YM, Darwis Margolang. (2020). Iplementation of Critical Incident Type Active Learning Model to Improve Stdent Learning Outcomes in Islamic Religious Education Subjects in Private Vocasional High Schoo; Built Bina Tarunan Medan Marelan. At Tazakki, 88.

Rahman, M. H. (2017). Using Discovery Learning to Encourage Creative Thinking. International Journal of Social Sciences &Educational Studies, 98.

Ramadhan, S. (14 Desember 2023). Tahun 2023, Kualitas Pendidikan Indonesia Tempati Peringkat ke-69 dari 209 Negara. Jakarta: https://rasioo.id/2023/12/14/tahun-2023-kualitas-pendidikan-indonesia-tempati-peringkat-ke-69-dari-209-negara/2/.

Sukma Erni, Lidiawita Darnelia, M. Rifqi Romadhona. (2024). Capaian Hasil Belajar IPS Melalui Problem Based Learning (PBL) Siswa MTs Drul Hikmah PekanbaruARU. Tsaqifa Nusantara, 60-73.

Surya Aditya, Zaky al Yamani. ( 1 November 2024). 4 Kasus Kriminalisasi Guru di Indonesia Ada yang Sampai Buta. Jakarta: Viva.co.id.

Teresa Ribeirinha, Mónica Baptista and Marisa Correia . (024). Investigating the Impact of STEM Inquiry-Based Learning Activities on Secondary School Student’s STEM Career Interests: A Gender-Based Analysis Using the Social Cognitive Career Framework. Educ. Sci. 2024, 14, 1037. https://doi.org/10.3390/educsci14101037, 1.

Yusinta Tia Rusdiana, Apriana, Yuliarni. (2024). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Sejarah dan IPS di Sekolah Menengah Pertama Banjar Agung. Jurnal Artefak Vol. 11 No. 1 April 2024, 15-26.

Surat Kabar:

Kompasiana(2024)https://www.kompasiana.com/kaniaditarora9360/67429f06c925c40f8d56bc72/guru-madrasah-swasta-antara-asa-dan-dilema?page=all. (2024, November 24). Retrieved from Kompasiana beyond blogging: https://www.kompasiana.com/kaniaditarora9360/67429f06c925c40f8d56bc72/guru-madrasah-swasta-antara-asa-dan-dilema?page=all

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-28 — Diperbaharui pada 2025-01-07

Versi

Cara Mengutip

Erni, S., Roza, E., Miski, C. R., Afrida, A., & Romadhona, R. (2025). PEMBELAJARAN REFLEKTIF : UPAYA PROBLEM SOLVING BERBASIS PENGALAMAN DALAM PEMBELAJARAN TINGKAT MTs SWASTA. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2). Diambil dari https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1485 (Original work published 28 Desember 2024)