PERAN GURU BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA SWASTA PABA BINJAI

Penulis

  • khairina afni Prodi pendidikan matematika STKIP Budidaya
  • Dewi Rulia Sitepu STKIP Budidaya Binjai

Kata Kunci:

Kata kunci: peran guru biologi, motivasi belajar, pembelajaran biologi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru biologi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan instrumen yang digunakan adalah angket motivasi kepada siswa untuk mengetahui pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran biologi, dan wawancara dengan guru mata pelajaran biologi terkait kondisi kelas, permasalahan siswa dan cara mengatasinya serta cara memotivasi siswa. Lalu menganalisa hasilnya dengan pengumpulan data, reduksi data, wawancara dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa SMA Swasta PABA Binjai tinggi dengan nilai 40 %. Hal ini dilihat dari indikator siswa memperhatikan dengan baik media yang disampaikan guru dan indikator siswa bertanya kepada guru dan teman jika memiliki kendala dalam pembelajaran.  

Referensi

Akbar, M. R., 2017 . Pengaruh Penggunaan Media Teka-teki Silang Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan.

Afifah, N. 2022. Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 1 Selayar.

Afni, K. 2022. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Budidaya Binjai Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Multidisiplin Madani.

Afni, K., & Sitepu, D. R. (2024). Analisis Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMA Taman Siswa Binjai. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1).

Dewi ,PAT & Sadjiarto A. 2021 Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal BASICEDU, Vol 5. No.4, 1909-1917.

Ena Z dan Djami H.S. 2020. Peranan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personal Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota. Jurnal Aming Makarti

Hakiki L.R.P, Sari M.T, Suhendi, Yudiyanto 2021. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Biologi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah. Lampung. Jurnal Pendidikan Biologi.

Lestari Y, Anwar Y dan Madang K. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan LKPD terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk Kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya. Jurnal Pembelajaran Biologi

Listiyani Anne. 2022. Belajar Biologi Aktif Dan Menyenangkan dengan Talking Sticky Notes.

Permendikbud. 2005. Guru dan Dosen. Undang –Undang Republik Indonesia Nomor 14. Pasal 1

Pratiwi Gita, Waluyati Artati Sri, Kusnisar. 2019. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Di SMP Negeri 13. Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika.

Sitepu, D. R. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audivisual dan Tanpa media Audiovisual Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Sebagai Unit Terkecil Kehidupan Dikelas XI SMA Swasta ESA PRAKASA T.A 2018/2019. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan.

Sitepu, D. R. (2024). Analisis Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Sma Taman Siswa Binjai. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1).

Zamsir, L. M., & Fajrin, P. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170-181.

Zuchri Abdussamad. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: Syakir Media Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-28

Cara Mengutip

afni, khairina, & Dewi Rulia Sitepu. (2024). PERAN GURU BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA SWASTA PABA BINJAI. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2). Diambil dari https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1490