PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA STATISTIKA
DOI:
https://doi.org/10.37755/sjip.v3i2.23Abstrak
Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan materi statistika.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs.Negeri Stabat, sedangkan yang menjadi sampel terdiri dari 2 kelas,yaitu kelas berjumlah 40 orang yang menggunakan pembelajaran TSTS dan kelas  berjumlah 40 orang yang menggunakan pembelajaran tanpa TSTS.          Instrumen dalam penelitian in berjumlah 10 soal dan digunakan tes untuk menguji kelayakan soal.Sebelum pengujian hipotesis,terlebih dahulu diuji dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari pengujian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh  thitung  = 4,38 sedangkan ttabel  = 1,67 ternyata thitung  >  ttabel  maka Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pembelajaran tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.Kata Kunci: TSTS, Kemampuan Pemecahan MasalahReferensi
Abdurahman,M. 1999. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta : Rineka
Cipta
Adelphia.2011.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik dengan Microsoft
Excel.http:/ Fastncheap.com.
Branca,1980.Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika Siswa.Metodologi Penelitian Pendidikan.Bandung : Nusa Media
Imannur. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Team Assisted Individualizaton (TAI) pada Materi Statistik. Mathematics Paedagogic. II. 101.
Kagan. 1992. Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS. Mathematics Paedagogic.II.
Khairuddin.2011.Fungsi Solver Pada Microsoft Excel 2007 Untuk Pembelajaran
Program Linear .Mathematics Paedagogic.II. I.
Siregar,Salamat. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Grafik Fungsi
Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan
Microsoft Excel.Mathematics Paedagogic. II.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarata: Bumi Aksara
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alpabeta
Sukino.2007. Matematika Jilid 2A IPS.Jakarta: Erlangga
Wirodikromo,Sartono. 2007. Matematika Untuk SMA kelas XI. Jakarta: Erlangga






