PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Mardianan - -

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan dilakukan di SMK Negeri 2 Binjai yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dengan Think Talk Write pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X SMK Negeri 2 Binjai T.P 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dikarenakan kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah, selain itu kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru serta model pembelajaran yang digunakan juga belum bervariasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Binjai yang terdiri dari 12 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas X TKJ-1 sebanyak 25 siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dan kelas X TKJ-2 sebanyak 25 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write, penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 2 soal yang telah divalidkan oleh validator dan uji validitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data post-test kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data post-test diperoleh  sedangkan . Karena maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write.


Full Text:

PDF

References


Darkasyi, M., Johar, R., dan Ahmad, A. (2014). “Peningkatan kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe”. Jurnal Didakti Matematika,1,(1), 21-34.

Mulyana, M. A., Hanifah, N., dan Jayadinata, A. K. (2016). “Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya”. Jurnal Pena Ilmiah, 1, (1), 331-340.

Fanilawati, Rusman, dan Fitri, Z. “Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Di Kelas X Sman 1 Krueng Barona Jaya”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1, (4), 97-104.

Lestari, K. E, dan Yudhanegara, M., R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mulyana, M. A., Hanifah, N., dan Jayadinata, A. K. (2016). “Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya”. Jurnal Pena Ilmiah, 1, (1), 331-340.

Purnama, I. L., dan Afriansyah, E., A. (2016). “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete dan Team Quiz”. Jurnal Pendidikan Matematika, 6, (1), 26-42.

Sappaile, B. I. (2007). “Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan”. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, (66), 379-391.

Setyaningrum, E., dan Istiqomah. (2015) “Think-Talk-Write Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Magelang”. Jurnal Pendidikan Matematika, 3, (1), 9-16.

Shoimin, A. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Trianto. (2011). Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Utami, N. F., Budiyono, dan Usodo B. (2014). “ Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Dengan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematika Dan Kreativitas Belajar Siswa Smp Se-Kabupaten Wonogiri”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2, (3), 260-269.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v11i1.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id